Hipertensi, Diabetes Melitus dan Asma Banyak Diitemui di Bintan


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan terus melakukan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos juga mengaku bahwa dirinya akan terus memantau dan melihat perkembangan serta mengevaluasi terhadap beberapa program kesehatan agar pelayanan kesehatan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

” Tentunya beberapa program pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan kesehatan akan terus kita pantau dan evaluasi perkembangannya, hal ini dimaksudkan agar pelayanan kesehatan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat ” ujarnya saat ditemui di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Senin pagi (20/11/2017).

Ditambahkannya juga bahwa terkait Program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Mobile yang telah diresmikan beberapa waktu lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan juga terus berkomitmen untuk meningkatkan titik-titik pelayanan yang menyasar langsung dengan menemui masyarakat dari rumah-rumah.

” Kemaren sudah kita minta kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat melalui sejumlah program yang sudah kita canangkan, termasuk Program Posbindu Mobile yang menyasar ke rumah-rumah masyarakat ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr.Gama Isnaini saat dihubungi mengatakan bahwa data sampai bulan September 2017, jumlah Posbindu yang telah terbentuk di Kabupaten Bintan dari 36 Posbindu telah menjadi 61 Posbindu.

Sedangkan jumlah masyarakat Kabupaten Bintan yg telah discreening, telah mencapai 10.719 orang.

Dikatakannya juga bahwa dari 10.719 orang tersebut, 3 kasus resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) telah dilakukan penanganan pengobatan oleh Tim Posbindu Mobile adalah Hipertensi (Darah Tinggi) sebanyak 7.484 orang, Diabetes Melitus (Kencing Manis) sebanyak 1.191 orang dan Penyakit Asma sebanyak 948 orang. 

Selain itu dikatakannya juga bahwa Tim Posbindu Mobile juga melakukan pemeriksaan IVA guna deteksi dini Kanker Serviks kepada sejumlah kaum wanita mencapai 1.445 orang.

” Pelaksanaan kegiatan Posbindu Mobile yang turun langsung ke masyarakat ini juga dilakukan pemeriksaan, mulai dari tes urine, pemeriksaan darah, detak jantung, berat badan dan lain sebagainya. Jika ada keluhan maka pasien bisa dirujuk ke Puskesmas terdekat. Saat ini Hipertensi, Diabetes Melitus dan Asma merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang banyak ditemui di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, dr.Yossy yang ikut terjun langsung dalam Tim Posbindu Mobile mengatakan bahwa di Kabupaten Bintan sendiri, jumlah 61 Posbindu Mobile akan terus ditingkatkan. Hal ini dikarenakan kegiatan Posbindu juga ikut memberikan data yang signifikan bagi perkembangan dan pemetaan penyakit, yang bermanfaat bagi langkah-langkah proteksi penanggulangan penyebaran penyakit sedini mungkin. 

Adapun penyebaran 61 Posbindu Mobile yang ada di Puskesmas Kabupaten Bintan antara lain ; Kota Kijang 4 Posbindu, Sei Lekop 10 Posbindu, Mantang 4 Posbindu, Kelong 2 Posbindu , Numbing 1 Posbindu, Toapaya 3 Posbindu, Kawal 4 Posbindu, Teluk Bintan 3 Posbindu, Telok Sebong 3 Posbindu, Berakit 4 Posbindu, Sri Bintan 3 Posbindu, Teluk Sasah 4 Posbindu, Kuala Sempang 4 Posbindu, Tanjung Uban 5 Posbindu, dan Tambelan 7 Posbindu.

” Pos Pembinaan Terpadu ( Posbindu Mobile) terbanyak di Sei Lekop dan Tambelan,” tutupnya.(*)

‎Sumber : Humas Bintan

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES