Harga Sayur dan Cabe di Batam Merangkak Naik


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Harga barang komoditas seperti cabe dan sayur-sayuran di pasaran mengalami kenaikan menjelang akhir tahun 2017 ini.

Dari hasil pantauan Badan Pusat Statistik Kota Batam, harga cabe di pasaran naik menjadi Rp. 40 ribu perkilogram dari harga sebelumnya.

Begitu juga dengan sayur-sayuran hijau yang mengalami kenaikan hingga 10 sampai 20 persen, termasuk harga ikan yang juga naik dari harga biasanya.

Kasi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Maharani mengatakan bahwa harga barang komoditas di pasaran memang sudah merangkak naik.

“Cabe dan sayur hijau udah mulai naik. Yang mencolok itu adalah harga sayur bayam,” ujar dia, Kamis (24/11/2017).

Kendati demikian, kenaikan harga belum menyeluruh terjadi di pasaran. Sebab, harga beras dan ikan di pasaran masih terpantau stabil hingga saat ini.

Kata dia, kenaikan harga barang komoditas memang sudah terjadi. Namun belum begitu signifikan. Hasil akhir akan diketahui dari data pada minggu terakhir bulan ini.

“Minggu terakhir hampir dipastikan inflasi terjadi lagi. Tapi kita tunggu data dulu di tanggal 27 dan 28 nanti,” ucapnya.

Dia memperkirakan November ini terjadi inflasi, tapi tidak setinggi bulan lalu. Dimana pada bulan lalu itu, inflasi Batam paling tinggi seluruh Indonesia. Yakni berada di angka 0,72 persen.

Karena, lanjut dia, barang komoditas yang mengalami kenaikan cuma dari segi volatile atau barang yang harganya cepat berubah seperti sayur, ikan dan beras.

“Meski sudah mulai naik, tapi belum masuk puncaknya,” ungkap dia.

Terjadinya kenaikan harga tersebut, dikatakan Maharani karena memang adanya perubahan stock barang. Bukan disebabkan tingginya permintaan.

“Warga tak usah panik. Belanja aja sesuai kebutuhan. Gak usah beli borongan,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Zarefriadi, mengatakan hingga akhir tahun harga dan stock sembako stabil.

“Harga dan stock sembako aman,” ungkap dia saat dikonfirmasi kemarin.

Walaupun begitu, Zarefriadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kadisnaker Kota Batam ini menghimbau masyarakat untuk belanja kebutuhan pokok sewajarnya saja.

“Belanjalah sewajarnya, dan jangan berlebihan,” ajaknya. (san)

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES