BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Terjadi di Kepri Akhir Tahun Ini


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Terdiri dari 94 persen daerah maritim, membuat kondisi cuaca di Provinsi Kepulauan Riau sangat sulit diprediksi. Mendekati penghujung tahun, Kepri berpotensi dilanda cuaca yang terbilang ekstrim.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan keluar kota menggunakan transportasi laut maupun udara, hendaknya terlebih dahulu mengetahui prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebab, Kepala BMKG Kelas I Batam, Parmin, menyebutkan bahwa di bulan November dan Desember tahun ini, curah hujan tinggi yang disertai angin kencang dan petir diprediksi akan terjadi di Kepri.

“Kita bertanggungjawab terhadap prakiraan cuaca di Kepulauan Riau, dan pantauan prakiraannya terus kita informasikan kepada publik,” kata Parmin, Selasa (28/11/2017).

Adapun informasi pantauan prakiraan cuaca tersebut terdiri dari prakiraan cuaca harian, cuaca 3 hari, mingguan dan prediksi cuaca peringatan dini atau ekstrim yang dikeluarkan 3 jam sebelum terjadi.

“Misalnya keadaan cuaca hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir,” terangnya.

Untuk mengetahui kondisi cuaca, lanjut Parmin, BMKG Batam menggunakan alat pemantau berupa radar dan satelit yang secara otomatis dapat mengirimkan informasi data pergerakan angin, awan dan curah hujan.

“Disamping itu, juga tersedia peralatan konvensional yang fungsinya sama,” jelasnya.

Karena seringnya terjadi cuaca ekstrim di Kepri, pihaknya lebih menerapkan bidang meteorologi penerbangan dan maritim untuk mengetahui prediksi cuaca. Sedangkan untuk prediksi cuaca bulanan atau iklim, dikontrol oleh bidang klimatologi.

“Visi kami adalah memberikan informasi kepada masyarakat dengan cepat, tepat dan akurat,” ungkap dia.

Masyarakat yang ingin mengetahui informasi prakiraan cuaca penerbangan maupun cuaca maritim, bisa diakses melalui website hangnadim.kepri.bmkg.co.id. Selain itu, BMKG Batam juga menginformasikannya melalui media online, radio dan grup medsos WhatsApp. (rul)

Editor : Ichsan

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES