Diduga Ada Pekerja Tiongkok Berkerja Diam Diam di Galangan Kapal di Nongsa


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dikutip dari dua media siber di Batam, dan menginformasikan diduga ada pengerjaan pembongkaran crane dari Kapal berbendera China di sebuah galangan kapal ternama di Wilayah Nongsa Batam.

Dalam berita di Batamtoday, kapal crane itu bernama Kapal Zh20, dan diduga telah berada di perairan Nongsa beberapa pekan lalu. Disebutkan dalam berita, selain crane, kapal ini juga mengangkut para teknisi yang akan mengerjakan proses bongkar.

Sesuai pasal 42 ayat 1 Undang Undang nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyebutkan, setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing wajib memiliki izin tertulis dari menteri atau pejabat yang ditunjuk.

Sementara di pasal 45 ayat 1 disebutkan, perusahaan pemberi kerja tenaga kerja asing wajib menunjuk tenaga kerja Indonesia sebagai tenaga pendamping untuk alih teknologi dan alih keahlian serta melaksanakan pendidikan dan pelatihan kerja bagi tenaga Indonesia sesuai dengan kualifikasi jabatan yang diduduki oleh tenaga kerja asing.

“Namun hal ini tidak diindahkan. Pekerja asing didatangankan secara sembunyi-sembunyi,” seperti dilansir BatamToday, Senin (28/11/2017).

Salah satu pekerja asing yang berhasil datanya diambil melalui paspor miliknya, adalah seorang pria warga negara asing (WNA) asal China, yakni LK, kelahiran 20 November tahun 1990.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi ke Kepala Imigrasi Batam melalui WA menjawab mengaku sudah mempelajari keberadaan tenaga kerja asing di galangan kapal Nongsa tersebut.

” Setelah kami pelajari, mereka melakukan pelanggaran terhadap UU Ketenagakerjaan dan ini domain Dinas Tenaga Kerja dan Kemenaker karena mereka memiliki penyidik ketenagakerjaan,” kata Lucky Agung, Selasa (28/11/2017).

Penelusuran WartaKepri ke sejumlah mantan pekerja di Galangan Kapal berinitial S tersebut, Selasa (28/11/2017) mengaku kaget jika ada proyek atau pekerjaan digalangan tersebut.

” Sudah lama tidak ada pengerjaan. Saya sudah lama juga di rumahkan. Benar atau tidaknya, nanti saya kasihkan nomor manager atau pihak kantor di galangan tersebut,” ujar seorang pria yang tidak ingin mengungkapkan namanya ke WartaKepri. (*)

Foto : Didapat dari sumber dalam percakapan melalui WA ke WartaKepri
Sumber: BataToday dan Amrullah
Editor: Dedy SWD

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES