Letusan Gunung, Banjir dan Energi Negatif


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

Sebagian orang tertawa sinis ketika ada yang mengaitkan letusan gunung atau banjir dengan perangai buruk manusia. Apa hubungannya? Begitu tanya mereka. Akal atau rasio mereka tidak mampu melihat hubungannya.

Sebenarnya ilmu-ilmu Timur yang sudah dikalahkan oleh ilmu-ilmu Barat dapat menjelaskan hubungan itu. Sayang sekali ilmu Timur sudah dikalahkan oleh ilmu sekuler Barat dan dianggap klinik saja.

Namun kekuatan ilmu Timur itu pernah dibangkitkan di Barat oleh seorang murid Sigmund Freud. Namanya Wilhelm Reich (24 Maret 1897 – 3 November 1957), orang Austria. Ia, seperti gurunya, seorang psikoanalis. Namun ilmu yang ia kembangkan berbeda dengan Freud yang teorinya masih sangat abstrak.

Reich yang di akhir hidupnya berada di AS mengembangkan sebuah sub-disiplin psikoanalisis yang ia sebut dengan Orgonomics. Orgon artinya energi kehidupan. Dasar pengetahuan Orgonomics adalah ilmu-ilmu yang dikembangkan masyarakat Timur seperti Prana, Chi, dll yang belakangan sudah dianggap setara dengan sihir.

Konsep yang menarik dari Orgonomics adalah konsep tentang energi positif dan negatif. Jelas saja kedua konsep ini ditolak mentah-mentah di Barat. Tapi konsep itu diterima dan diyakini ada di Timur.

Menurut Reich, energi negatif adalah energi yang keluar dari tubuh manusia ​yang marah​. Saya kemudian menambahkan, energi itu juga keluar karena adanya prilaku-prilaku yang tidak sehat (seperti zina, minum tuak, mencuri, dsb).

Pendapat Reich (tentu saja asalnya keyakinan Timur) kalau masyarakat ramai-ramai mengeluarkan energi negatif maka atmosfir akan dipenuhi energi tersebut. Ia akan mengganggu keseimbangan energi di alam.

Alam membutuhkan keseimbangan energi agar bumi tetap stabil dan tidak kiamat. Oleh sebab itu, gangguan energi negatif yang diproduksi manusia akan cepat direspon oleh alam dengan cara membuang energi negatif itu kembali. Akibatnya? Bencana alam. Gunung meletus, hujan tak terkendali, badai, dsb.

Sebagai orang Timur tentu ada baiknya kita menyimak pendapat Reich. Ilmu Timur itu tidak lebih buruk dari ilmu Barat. Tidak pula berupa klinik dan sihir semuanya. Konsep energi negatif itu, walaupun ditolak Barat, perlu kita kembangkan dan sosialisasikan agar perangai buruk masyarakat kita bisa berkurang.

Opini ‎: DR. Emeraldy Chatra
02/12/2017

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES