Ini Nomor Layanan Pengaduan Konsumen yang Disediakan OJK Tahun Depan


DPRD BATAM

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BANDA ACEH – Beberapa orang wartawan dari Sumatera, berkumpul bertatap muka di Banda Aceh. Tepatnya di aula lantai I Hotel The Pade, Selasa (5/12/2017).

Disana, mereka mengikuti kegiatan yang dinamakan Pelatihan dan Gathering Wartawan Kantor Regional 5 yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hingga tanggal 7 Desember 2017 mendatang.

Kepada para jurnalis, OJK memberikan pemahaman tentang tugas, fungsi serta wewenangnya terhadap konsumen dan masyarakat dalam dunia perbankan, pasar modal, asuransi sampai dengan jaminan kredit.

Seorang wartawan senior bernama Abdul Rahman yang didatangkan OJK untuk memberikan pelatihan jurnalistik, mengutarakan tentang pentingnya menulis berita dengan bahasa yang dapat dipahami masyarakat awam.

“Menulislah untuk orang awam. Mulai dari judul sampai dengan isi berita meski pembacanya adalah Profesor sekalipun, dan hindari tulisan yang tidak dipahami oleh orang awam,” ujarnya.

Dalam menulis berita ekonomi, kata wartawan senior yang merupakan salah satu pendiri Metro TV itu, hendaknya menggunakan kata maupun kalimat yang dapat dipahami oleh masyarakat awam.

“Sehingga masyarakat bisa dengan mudah memahami maksud daripada berita tersebut,” terangnya.

Kemudian, pada sesi selanjutnya, Plt. Direktur Penelitian Kebijakan dan Pengaturan Edukasi Perlindungan Konsumen, Rela Ginting, menjelaskan tentang tugas dan fungsi OJK.

Diantaranya adalah mengatur Perbankan, pasar modal, dan IKNB. Lalu, melindungi kepentingan konsumen serta masyarakat. Termasuk mengawasi prudential dan market conduct.

“Kami akan menyediakan layanan pengaduan konsumen dan masyarakat dengan nomor kontak (1500655). Itu akan dimulai tahun depan. Debitur yang sebelumnya dalam pelayanan Bank Indonesia, juga nantinya akan dilayani oleh OJK,” papar dia.

Sejauh ini, Ia mengakui banyak hal yang dilakukan OJK dari tahun 2013 hingga 2015 yang telah melakukan edukasi di 66 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia. Adalah dengan membagikan brosur dan booklet edukasi keuangan kepada peserta edukasi.

“Berkat itu, kita telah dapat menyelesaikan sejumlah kasus yang terjadi antara pihak perbankan maupun IKNB dengan nasabahnya,” tandas dia. (ria)

Klik Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
PEMPROV KEPRI
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SPACE IKLAN




DINKES