Stok Pangan di Natuna Aman, Harga Pasaran Masih Stabil


DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 13

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA — Persediaan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kepulauan Natuna menjelang Natal dan pergantian tahun 2018, aman.

Demikian juga dengan harga bahan pokok yang hingga saat ini masih stabil. Tidak ada kenaikan harga yang dilakukan pedagang di Pasar Tradisional maupun swalayan dan toko-toko penyalur.

“Semuanya aman. Tidak ada indikasi penimbunan barang pangan,” ujar Ketua Satgas Pangan Natuna, AKP Edy Wiyanto usai memantau kondisi harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat bersama Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Sabtu (16/12/2017).

Menurut Edy, tindakan tersebut merupakan upaya untuk memantau langsung harga bahan pokok di kalangan pedagang yang jika mengalami kenaikan signifikan, tentunya akan meresahkan masyarakat. Terutama menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Ada 8 lokasi yang kita datangi hari ini. Ternyata harga masih stabil. Hingga hari ini belum ada kenaikan harga yang dilakukan para pedagang,” paparnya.

Meski sebelumnya ada sedikit kenaikan harga telur yang terjadi karena kapal kargo pengangkut sembako tujuan Natuna belum diizinkan berangkat oleh pihak pelayaran karena cuaca yang sangat ekstrim di laut pada musim utara, namun stock terbatas telur di Natuna tidak akan berlangsung lama.

Diperkirakan 2 hari lagi kapal kargo akan bersandar dengan membawa 20.000 ikat telur dan sembako lainnya. Sehingga kebutuhan dan stok pangan di Natuna menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, bisa dikatakan lebih dari cukup.

Pada kesempatan itu pula, Edy Wiyanto, mengajak Tim Satgas Pangan untuk bersama-sama menjaga kestabilan harga menjelang hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Tujuannya agar harga bahan pangan tidak naik secara signifikan.

“Selain menjaga kestabilan harga, saya juga mengajak untuk mengawasi adanya permainan harga dari tengkulak-tengkulak yang kerap kali memanfatkan momen Natal dan Tahun Baru untuk mencari keuntungan dengan menaikkan harga bahan pangan,” kata Edy.

Edy menjelaskan, untuk lebih memaksimalkan sidak yang dlakukan hari ini, tindak lanjut sidak berikutnya akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017 mendatang.

Sidak ini juga diikuti sejumlah anggota Polres Natuna, Dinas Ketahanan Pangan Natuna, Dinas Kesehatan Natuna, Dinas Pertanian Natuna serta beberapa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Natuna, Perwakilan Kecamatan Bunguran Timur, dan Kelurahan Ranai. (rikyrinov)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 13


Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SAMSAT KEPRI KODIM BATAM