Iklim Investasi Memburuk, Bisnis Jasa Pengamanan Makin Terpuruk

BANNER WARTA KEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 28

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pemko dan BP Batam terus berupaya membangkitkan keterpurukan kondisi perekonomian Batam. Saat ini, kedua institusi tersebut bersinergi menonjolkan sektor pariwisata.

Adapun upaya itu terlihat dari semakin getolnya pelaksanaan program pembangunan. Mulai dari infrastruktur, pembuatan taman hingga pelebaran jalan pusat kota.

Keunggulan sektor wisata yang dilengkapi dengan tampilan infrastruktur terbaru, diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Batam.

Upaya tersebut juga dianggap mampu memulihkan ekonomi Batam. Pemerintah pun optimis itu terwujud.

Merosotnya ekonomi Batam pada tahun 2017, sejatinya telah membuat para pengusaha kewalahan untuk bertahan. Investasi sepi. Investor angkat kaki. Perusahaan banyak yang gulung tikar, pengangguran berjatuhan.

Tawaran pekerjaan yang mulai sepi pada sektor industri, memaksa pihak perusahaan mengurangi tenaga kerja. Keadaan itu, tidak sedikit ditemui pada perusahaan industri di Batam. Galangan kapal contohnya.

Job berupa pemesanan dan pembuatan perkapalan kian menurun. Selain tenaga pekerja, pengurangan terhadap tenaga satuan pengamanan (satpam) pun ikut kena imbasnya.

CEO perusahaan penyedia jasa pengamanan dibawah Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Lintas Aman Nusantara, M. Al Ichsan mengatakan bahwa peluang penempatan jasa keamanan di perusahaan industri Batam menipis.

Kondisi demikian disebabkan banyaknya perusahaan industri yang melakukan pengurangan tenaga kerja, termasuk jasa satpam. Belum lagi para satpam yang terpaksa berhenti karena perusahaannya kolaps.

“Susah sekarang. Sebab, perusahaan industri yang banyak menampung satpam udah banyak yang jatuh,” ujar Ichsan belum lama ini.

Apalagi sekarang penetapan UMK 2018 sudah diterapkan pemerintah. Meski kenaikannya tak begitu besar dari tahun 2017, namun realisasinya dikhawatirkan berbeda dari yang telah ditetapkan tahun ini.

“Karena masih banyak perusahaan yang kondisinya belum stabil,” imbuhnya.

Menurut Ichsan terkait hal tersebut, pihak perusahaan mesti segera diingatkan dengan cara sosialisasi. Sehingga, upah yang diterima oleh tenaga kerja sesuai dengan UMK tanpa ada terjadi pemotongan.

“Apalagi Batam belum bangkit. Sosialisasi perlu dilakukan agar perusahaan bisa memahaminya, dan para buruh pun sejahtera,” tambah Ichsan.

Meskipun saat ini sektor industri di Batam kurang bergairah, akan tetapi Ichsan mengaku akan terus dan harus mendukung apapun program pemerintah demi membangkitkan perekonomian. Termasuk upaya lewat sektor pariwisata.

Kata Ichsan, banyak yang harus dipersiapkan agar Batam menjadi kota wisata. Strategi dan konsep yang tepat sangat diperlukan untuk bisa menarik wisatawan. Seperti biro perjalanan, akomodasi, transportasi, atraksi wisata, oleh-oleh khas atau cindera mata, jasa boga dan restoran.

“Termasuk keselamatan dan keamanan wisatawan yang sangat penting diutamakan. Peran serta seluruh lapisan masyarakat dan petugas kemanan lah yang akan mewujudkannya,” ucapnya.

Dua hal itu, lanjut Ichsan, terlebih dahulu mesti dirampungkan dan dirumuskan oleh tenaga yang profesional menguasai bidang pariwisata. Baik itu di jajaran Pemko dan BP Batam, maupun masyarakat.

Mengingat sektor ini lebih mengutamakan jasa, maka pelatihan tentang pariwisata merupakan hal terpenting yang perlu dipersiapkan. Seperti pelatihan guide berbahasa international, tour leader, tempat destinasi wisata, transportasi, dan hotel.

“Tenaga profesional yang berkompeten sangat dibutuhkan,” tutur pria yang mengaku pernah berkecimpung pada sektor pariwisata ini.

Batam juga harus mengedepankan sistem keamanan yang menjamin keselamatan dan kenyamanan wisatawan di tempat-tempat tujuan mereka. Home stay misalnya, atau destinasi wisata lainnya.

“Sehingga Batam menjadi spesial, dan punya magnet menarik wisatawan domestik maupun internasional untuk datang berkunjung,” tuntasnya. (amr)

Foto : Ist/net

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 28
DEWAN PERS WARTAKEPRI
DPRD BATAM
DPRD LINGGA
 Warta Kepri
 Warta Kepri



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA