Proyek Irigasi Desa Kelarik Natuna Selesai, Nelayan Bingung Jadi Petani

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Proyek irigasi di Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara kab Natuna, Kepulauan Riau, yang dibangun sejak 2011 yang sudah menghabiskan dana ratusan miliar zaman Pemerintah sebelumnya dan nyaris Mangkrak, namun kini pembangunan itu lanjutkan pada era pemerintahan Presiden Jokowidodo hasilnya sangat menggembirakan.

Pembangunan irigasi di Kelarik merupakan kegiatan di Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, yang dimulai 2011 lalu, dikerjakan PT Gompar Palluga Jaya.

Pembangunan irigasi tidak hanya di tahun 2011, tetapi dilanjutkan 2013 dan dikerjakan PT Benteng Indo Raya. Proyek dianggarkan sebesar Rp 10 miliar.

Proyek belum selesai, dilanjutkan pada 2014. Dari APBN dikucurkan anggaran sebesar Rp 17 miliar dan dilanjutkan pada 2015 dengan anggaran untuk proyek irigasi sebesar Rp 20 miliar.

Pada 2016 dikucurkan anggaran sebesar Rp 25,279 miliar.

Tujuannya untuk membantu suplai pengairan pertanian masyarakat Natuna.

Tak jauh dari lokasi Pembangunan Irigasi angaran di gelotorkan pemerintah pusat.Dandim 0318 Natuna memulai gebrakan sepanjang tahun 2017 berhasil mencetak sawah baru bagi masyarakat seluas 80 hektar. Masing-masing terletak di Desa Kelarik Utara dan 12 Ha di Desa Sedarat Baru.

Keberhasil itu ditandai dengan penananam perdana oleh Dandim Dandim Natuna Letkol Infantri Yusuf Rizal bersama pejabat setempat, berapa waktu lalu.

Program Cetak sawah dilaksanakan Kodim 0318/Natuna bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna kecamatan Bunguran utara.

Untuk tahun 2017 cetak sawah baru di Kabupaten Natuna seluas 80 hektar, terdiri dari dua lokasi 68 hektar di Desa Kelarik Utara dan 12 hektar di Desa Sedarat Baru.

“ Benih padi yang kita tanam sekarang adalah varietas padi situ bagendit dengan sistem tanam untuk sementara ini sistem tugal, karena saluran irigasi sedang dibuat dan kedepannya akan mengaliri 68 hektar sawah di Desa Kelarik Utara ini yang memiliki 71 orang kelompok tani,” ujar Yusuf Rizal Dandim Natuna belum lama ini.

Adapun tujuan dari cetak sawah ini adalah menambah luas lahan sawah dan menghasilkan produksi, utamanya padi pada areal sawah baru.

Dengan adanya cetak sawah ini, diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa Kelarik Utara pada khususnya dan masyarakat Natuna pada umumnya.

Masyarakat Kecamatan Bunguran Utara khususnya desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung sangat berterima kasih kepada Kodim 0318/Natuna.

Pernyataan ini disampaikan Zapridin, Kades Kelarik Utara secara langsung dihadapan Letkol Yusuf Rizal dan para Perwira Kodim 0318/Natuna lain nya, saat ia memberikan kata sambutan.

”Saya mewakili masyarakat desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung berterima kasih kepada Distanak Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna yang telah bersusah payah mewujudkan sawah di Kelarik Utara,” ungkap sang Kades.

Lain sisi Kades juga curhat meluapkan kekecewaan terhadap Dinas Pertanian pun tertuai, karena di moment penting penyerahan cetak sawah baru tidak ada perwakilan dari Dinas turun.

Padahal sambung kades, masyarakat menggangap hal ini sangat penting, agar para petani yang belum mengerti dengan pengolahan sawah nanti nya bisa di berikan arahan bagaimana cara bercocok tanam yang baik dan benar dari Distanak, sebab rata rata para petani saat ini berlatar belakang sebagai Nelayan.

“Kami minta pak Dandim tolong sampaikan ke Distanak untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para petani karena latar belakang mereka adalah nelayan, kami tidak mau lahan yang sudah dibuka susah payah ini kembali menjadi semakin dan hutan.” ujarnya.

Maaf pak Dandim seharusnya ini kami sampaikan kepada Disatanak, namun karena tidak hadir kepada Bapak kami berbagi,” curhat orang nomor satu di desa Kelarik Utara ini.

Hal senada pun disampaikan Bujang Arpan, ketua kelompok tani desa Kelarik Utara, saat ditanya wartawan mengungkapkan mulai dari pembukaan awal mengikuti kegiatan ini.

”Luar biasa semangat dari pihak Kodim 0318/Natuna terutama Danramil 03/Sedanau dan Babinsanya untuk membuat sawah di desa kami, hujan dan panas, siang dan malam mereka bekerja tanpa kenal lelah,” kata Arpan (*)

Sumber : Rikyrinov

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SAMSAT KEPRI KODIM BATAM