Sstt.. Pabrik Perangkat Elektronik di Batam Minta 400 Operator ke Disperinaker Klaten

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, KLATEN – Ada pabrik perangkat elektronik di Batam yang dikabarkan membutuhkan 400 orang calon tenaga kerja asal Klaten untuk posisi operator.

Melansir timlo.net, Kamis (11/1/2018), jumlah yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut belum dapat terpenuhi semuanya. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Klaten baru bisa memenuhi seperempat dari kuotanya.

“Kita baru bisa berangkatkan 95 orang dari jumlah 400 yang dibutuhkan untuk operator,” ungkap Kabid Tenaga Kerja Disperinaker Klaten, Rinto Patmono.

Kata Rinto, pendaftaran serta seleksi tenaga kerja tersebut di dominasi oleh lulusan SMK, dan itu sudah berlangsung tahun lalu. Pada tanggal 2 Januari 2018 kemarin, pihaknya telah memberangkatkan 50 orang tenaga kerja.

“Sedangkan sisanya kita berangkatkan tanggal 13 Januari mendatang,” tambahnya.

Tenaga kerja yang dikirim itu, lanjut Rinto, nantinya akan menerima gaji sekitar Rp 3,5 juta yang juga diberikan fasilitas berupa mess karyawan dengan masa kontrak selama 2 tahun. Biaya berangkatnya pun gratis difasilitasi oleh Disperinaker Klaten dan perusahaan tersebut.

Untuk itu, sambung Rinto, mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) berupa gambaran pekerjaan di pabrik elektronik, adat istiadat, dan sosial budaya lingkungan setempat sebelum diterbangkan ke Batam.

“Agar tenaga kerja lebih yakin dan betah di Batam. Kami juga tetap memonitoring kegiatan mereka setelah diberangkatkan. Apakah gaji dan fasilitasnya sesuai dengan kontrak,” tandasnya.

Jika kabar tersebut benar adanya, dapat dipastikan peluang pencari kerja lokal bakal terhambat. Apalagi pasca banyaknya perusahaan yang tutup di Batam pada tahun lalu, banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan.

Kondisi itu, tentunya menyebabkan jumlah pengangguran meningkat, sementara seleksi penerimaan tenaga kerja kian ketat.

Padahal, mungkin banyak pekerja lokal handal bisa dipekerjakan pada perusahaan tersebut yang sangat mengharapkan pekerjaaan untuk memenuhi kebutuhan hidup di Batam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti saat dikonfirmasi, Jumat (12/1/2018) malam melalui seluler terkait kabar kebutuhan ratusan tenaga kerja asal Klaten oleh pabrik perangkat elektronik ini, belum ada memberikan jawaban. (*)

Sumber : Timlo.net
Foto       : Dok/wartakepri.co.id

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

Berita Terkait




PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA
SAMSAT KEPRI KODIM BATAM