Dilantik Presiden jadi KSAU, Yuyu Sutisna Naik Pangkat Marsekal TNI

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Rabu (17/1/2018).

Yuyu tidak saja dilantik, bahkan Presiden juga menaikkan pangkat mantan Wakil KSAU ini dari Marsekal Madya menjadi Marsekal TNI.

Sebelumnya jabatan KSAU mengalami kekosongan setelah Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi.

Yuyu merupakan salah satu perwira TNI AU yang dikader sejak awal karena kapabilitas dan dedikasi pengabdiannya yang sangat baik terhadap TNI AU/TNI.

Perwira tinggi yang murah senyum ini memiliki wawasan luas dan ketegasan dalam bekerja.

Penulis buku dengan judul Tentara langit, pahlawan hati: kepak sayap Skadron Udara 14, 1962-2002 hinga kini ramai membaca karyanya.

Keberhasilan memimpin setiap satuan dicapai dengan zero accident.

Saat menjadi Pangkoopsau I, Yuyu juga sukses memimpin pelaksanaan Latihan Puncak TNI AU Angkasa Yudha yang dikemas menjadi Fire Power Demo di Pulau Natuna pada 6 Oktober 2016 pada masa Danlanud Ranai, Kolonel Pnb Nurtantio Affan.

Acara tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Yuyu merupakan alumnus Akademi AU tahun 1986. Pria kelahiran Cicalengka, Jawa Barat 10 Juni 1962 ini pernah menjabat sebagai Komandan Lanud Iswahyudi

Pada 2014, ia dimutasi dari jabatan Komandan Lanud Iswahyudi menjadi Kas Koopsau II, kemudian menduduki jabatan Wakil Asisten Operasi KSAU.

Akhir Februari 2017, Panglima TNI yang saat itu dipegang Jenderal Gatot Nurmantyo melantik Yuyu sebagai Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas).

Kohanudnas adalah Komando Gabungan Khusus yang merupakan Komando Utama Operasi TNI dengan komponen TNI AU sebagai kekuatan inti, diperkuat dan dibantu oleh unsur-unsur kekuatan angkatan lain.

Komando gabungan tersebut berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dalam bidang pembinaan kesiagaan operasi dan pelaksanaan Operasi Pertahanan Udara, di wilayah udara nasional.

Setelah itu kariernya pun melejit. Selang sembilan bulan, pada (6/11/2017), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KSAU saat itu, melantik Yuyu menjadi Wakil KSAU menggantikan Marsekal Madya (Marsdya) TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam sebuah upacara militer di Mabes TNI AU, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pengangkatan Yuyu sebagai Wakil KSAU tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/836/X/2017 yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada 27 Oktober 2017 lalu.

Yuyu sempat disebut-sebut menjadi salah satu calon KSAU saat Marsekal Hadi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi.

Kini, setelah dilantik sebagai KSAU, lambang bintang sebagai tanda pangkat di pundak Yuyu pun bertambah menjadi Bintang Empat.

Ia resmi menyandang pangkat Marsekal, pangkat tertinggi yang digunakan di TNI AU. (*)

Tulisan ini dikutip dari berbagai sumber

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21
SMART FREN

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA