2018 PLUT-KUMKM Bakalan Sudah Ada

sulaiman nababan
sulaiman nababan
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (PLUT-KUMKM) pada tahun 2018 ini bakalan sudah ada.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Suleman Nababan, mengatakan, Kementerian Koperasi sudah menyiapkan anggaran Rp 2,6 miliar untuk pembangunan PLUT ini.

“Untuk desainnya kita yang buat. DED (detailed engineering design) sudah dibuat Cipta Karya (Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang) 2017 lalu,” kata Suleman di Sekupang, Kamis (18/1/2018).

Diterangkannya, pembangunan PLUT ini diwilayah Bengkong, tepatnya disamping Hotel Golden Bay.

“Nantinya bangunan ini didirikan diatas lahan seluas 5 ribu meter persegi, lahan ini merupakan hibah dari pengusaha,” bebernya.

Diungkapkannya, PLUT ini akan dimanfaatkan untuk galeri promosi produk hasil KUMKM Batam, karena selama ini pemasaran merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi usaha mikro kecil.

“Persoalan mereka, produk ada, tapi ada tempat pemasaran. Kalau mau masuk mal, syaratnya macam-macam,” ujarnya.

Dijelaskannya, adapun masalah lain yang dihadapi usaha mikro kecil di Batam yaitu keterbatasan akses teknologi, oleh sebab itu PLUT juga akan disiapkan tenaga pendamping yang ahli di bidangnya untuk pemasaran daring atau online.

“Sekaligus tempat pelatihan peningkatan sumber daya manusia KUMKM. Kemudian fasilitasi dana bergulir di situ juga, ada perbankan juga. Jadi satu pintu,” terannya.

Fasilitas lainnya yaitu perpustakaan yang bisa digunakan pengusaha mikro untuk membaca buku terkait usaha.

Kepala Dinas CKTR, Suhar membenarkan bahwa desain PLUT sudah selesai dibuat tahun lalu.

“Nanti bangunannya kita buat dua lantai,” ujarnya.

Sumber : Media Center Batam
Foto : Istimewa/net

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG