RSUD Embung Fatimah

26 Koli Bantuan Obat RSUD Embung Fatimah Batam Dari Pemprov Kepri

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21

WARTA KEPRI .co.id, BATAM – Sebanyak 26 koli obat dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau diberikan ke RSUD Embung Fatimah, terdiri dari obat paracetamol, simvastatin, amlodipin, ambroxol, ibuprofen, metformin, dan lainnya. Bantuan obat ini diserahkan langsung oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, di RSUD-EF, Rabu (24/1/2018).

“Ini merupakan tahap pertama, memang masih kurang banyak. Nanti akan ada tahap berikutnya dan yang paling penting kebutuhan terpenuhi,” ujar Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Diungkapkannya, obat yang diberikan ini bukanlah bantuan, melainkan bentuk tanggungjawab bersama pemerintah terhadap kesehatan masyarakat. Dirinya sudah perintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana untuk selalu monitor kebutuhan obat di rumah sakit daerah kabupaten/kota. Serta selalu koordinasi dengan Dinas Kesehatan di kabupaten/kota terkait permasalahan yang sedang dihadapi.

“Bersyukur bisa membantu masyarakat melalui jalur saya,” ucapnya.

Disebutkannya, Terima kasih Pak Tjetep gerak cepat, selalu cari ruang untuk bergerak. Tidak buntu, katakanlah dengan aturan. Karena kita sebenarnya bekerja untuk rakyat, jangan terlalu takut dengan apa yang dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan, akan ada bantuan obat tahap kedua, obat yang diberikan sekarang merupakan kebutuhan mendesak sehingga didahulukan penyerahannya.

“Prinsipnya, pasien tidak boleh beli obat di luar. Yang tidak ada, yang mendesak apa, kita bantu,” kata Tjetjep.

Adapun bantuan obat tahap berikutnya yaitu reagensia untuk pemeriksaan laboratorium. Karena berdasarkan laporan, RSUD-EF juga kekurangan reagensia sehingga pemeriksaan laboratorium banyak dilakukan di luar. Padahal pasien dengan kebutuhan pemeriksaan laboratorium di rumah sakit ini cukup banyak.

“Pemeriksaan banyak tidak dilakukan di sini karena reagensia habis. Maka akan kita berikan sehingga pasien laboratorium bisa di sini,” ujarnya.

Disebutkannya, bantuan lainnya yaitu pendataan peralatan medis yang ada di RSUD-EF. Menurutnya alat yang rusak akan diadakan pengganti. Sedangkan yang masih bisa diperbaiki akan dilakukan pemeliharaan.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, mewakili Walikota Batam, menyampaikan, terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemprov Kepri tersebut. Semoga bantuan obat ini bisa dimanfaatkan masyarakat sehingga pelayanan RSUD-EF lebih baik.

Sementara itu, Direktur RSUD-EF, Ani Dewiyana, mengatakan, selain bantuan dari provinsi, ke depan juga akan diadakan kerjasama dengan Kimia Farma terkait pengadaan obat ini. Sedangkan untuk peralatan medis beberapa sudah selesai dikalibrasi sehingga sudah siap digunakan kembali.

Sumber : Media Center Batam

Foto      : Istimewa/net

 

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21
SMART FREN

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA