Pengendara Motor Knalpot Bising di Natuna Akan Ditindak Tegas

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 19

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Natuna akan menindak tegas pengendara motor yang memakai knalpot racing.

Kasat Lantas Polres Natuna, AKP Awang R Briantoko mengatakan bahwa tindakan tegas tersebut dilakukan untuk menertibkan kendaraan di Natuna.

“Iya dari pimpinan (Kapolres Natuna) sudah memberikan perintah untuk menindak kendaraan yang menggunakan knalpot racing. Sebab itu sangat mengganggu sekali ketertiban dan ketentraman masyarakat,” kata dia.

Ditambahkan Awang, sekarang ini masih banyak masyarakat Natuna tidak sesuai standar keselamatan dalam berkendara.

Hal ini dianggap penting agar kedepannya para pengguna kendaraan sepeda motor wajib menggunakan helm dan melengkapi peralatan kendaraaan sesuai dengan standarnya.

“Masih banyak pengendara yang belum menggunakan helm. Kalau terjadi kecelakaan, helm yang paling utama berfungsi untuk menjaga keselamatan pengendara. Selain itu, juga masih banyak sepeda motor tidak menggunakan lampu pada malam hari,” tuturnya.

Dijelaskan Awang, para pengendara yang menggunakan sepeda motor dengan knalpot bising itu umumnya kalangan pelajar dan anak muda.

Contohnya, lanjut Awang, seperti di jalan Seoekarno Hatta dan Pramuka. Disana para pelajar yang menggunakan sepeda motor dengan knalpot bising banyak yang melintas.

Sejumlah masyarakat setempat juga mengaku terganggu atas pengendara itu, karena saat melintas, mereka selalu ‘menggerung-gerungkan’ suara sepeda motornya yang bising.

“Yang menggunakan knalpot racing akan kita suruh pengendara tersebut untuk mendengarkan sendiri suara knalpotnya dan membuka knalpotnya sendiri langsung di lapangan serta di hancurkan oleh penggunanya agar tidak lagi memakainya,” terang Awang.

Dia juga mengharapakan peran serta dari pihak sekolah dan orang tua kepada anaknya, karena para pengguna knalpot racing mayoritas dari kalangan dibawah umur (belum punya SIM), agar dapat memperhatikan kendaraan dan selalu menyarankan untuk menggunakan helm serta tidak merubah sepeda motor dari keadaan standarnya.

“Pihak Lantas juga telah sosialisasi ke sekolah – sekolah khususnya siswa SMA tentang safety ridding (keselamatan berkendaraaan),” pungkasnya. (M.Rikyrinovsky)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 19
SMART FREN

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA