Kemenag Dan Gubenur Kepri Mengajak Masyarakat Untuk Sholat Gerhana

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21

WARTA KEPRI .co.id, KEPRI – Dengan adanya fenomena alam yang akan terjadi nanti malam, Rabu (31/1/2018) Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau (Kemenag Kepri) menghimbau kepada masyarakat Kepri yang beragama Islam untuk melakukan shalat gerhana bulan (shalat khusuf).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwain Jama di Tanjungpinang, ia juga mengatakan, sesuai dengan press release dari Kementrian Agama RI, sehubungan dengan data astronomis yang menyatakan bahwa Rabu (31/1) bertepatan dengan 14 Jumadal Ula 1439 H mulai pukul 18:48:27 WIB di Indonesia akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) pada hampir seluruh wilayah di Indonesia.

 

Nantinya,hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati Gerhana Bulan Total (GBT) yang akan terjadi pada pukul 20:28:49 WIB dan berakhir pada Pukul 22:11:11 WIB.

“Untuk itu, dihimbau kepada kaum muslimin untuk dapat melaksanakan shalat Sunnah gerhana berjamaah dan melaksanakan khutbah sesuai tuntunan nabi Muhammad Saw,” ujar Marwin.

Diterangkannya lagi, shalat Sunnah ini pun hukumnya Sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. “Umat muslim juga dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu sebelum melaksanakan shalat gerhana bulan tersebut.

“Tak hanya shalat Sunnah gerhana saja, dilanjutkan Marwin umat Muslim juga dianjurkan memperbanyak zikir, istighfa, sedekah dan amal kebajikan lainnya. “Dan mendoakan keselamatan bangsa dan negara,” katanya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun juga mengajak masyarakat untuk shalat sunah gerhana berjamaah. Tertera pada undangan yang disebarkan, shalat sunah gerhana yang digelar Pemprov Kepri ini dilaksanakan di Masjid Raya Nur Illahi, Dompak.

Shalat berjamaah diawali dengan shalat isya berjamaah dengan Imam, H. Mansyur Abdullah, SQ. Dilanjutkan dengan ceramah oleh Drs. H. Abdul Wahab Sinambela, M.Ed. Gubernur juga mengajak karyawan Pemprov Kepri khususnya untuk turut serta menunaikan shalat gerhana.

Sumber : Humas Pemprov

Foto       : Istimewa/net

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 21
SMART FREN



PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM DPRD BATAM
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA