Tim Satgas Pangan Bintan Temukan Produk Ikan Kaleng Kandung Cacing, Pedagang Sudah Antisipasi

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Tim Satgas Pangan Kabupaten Bintan sidak sejumlah Minimarket di Kijang untuk menarik sejumlah produk ikan kaleng kandung Cacing Anisakis sp, Kamis (22/03/2018) siang.

Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Dinas Kesehatan Kab. Bintan dan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) Batam, Kepolisian serta unsur Puskesmas Kijang mendatangi swalayan di Kijang sekitar Pukul 11.10 WIB. Tim mendatangi WS Minimarket, Kijang Lestari, Takarina Minimarket, Mitra Minimarket, Top Jess dan beberapa minimarket lainnya.  

Berdasarkan hasil sidak, Tim Satgas Pangan Kab. Bintan  menemukan beberapa minimarket masih memajang produk ikan kaleng Farmer Jack Mackarel in Sauce Tomato. Adapun minimarket yang masih memajang produk tersebut adalah Takarina Minimarket dengan jumlah 6 kaleng. Petugas kemudian memusnahkan produk tersebut secara langsung dilokasi minimarket. Namun sejumlah pengusaha minimarket mengaku telah memisahkan produk yang terdeteksi mengandung Cacing Anisakis sp tersebut. 

Salah satunnya adalah A Huang, pemilik Mitra Minimarket yang berlokasi disekitar Barek Motor. A Huang sudah terlebih dahulu memisahkan ikan kaleng merek Hoki 4 dus 15 kaleng dan Farmer Jack 7 dus 5 kaleng. A Huang mengaku sudah mulai memisahkan sejak Sabtu untuk produk Farmer Jack dan hari Rabu Pagi untuk produk Hoki.

“Kalau Farmer Jack sudah (dipisahkan) dari hari Sabtu”, ujar A Huang. 

A Huang mengaku mendapat informasi tersebut dari distributor produk. Tindaklanjut dari Surat Edaran tersebut, dirinya mengaku akan menghubungi CV. Sinar Surya Baru di Pelantar 2 Tanjung Pinang untuk proses return produk. 

Dalam proses sidak tersebut, petugas dari BPOM Batam terlihat mengambil sejumlah produk ikan kaleng merek TSC, Nagos dan Naraya untuk dilakukan uji laboratorium di Batam. Adapun alasannya adalah produk ikan kaleng impor berasal dari perusahaan importir PT. Mexindo Mitra Perkasa yang juga importir ikan kaleng merek IO terdeteksi cacing Anisakis sp. 

“Akan diuji laboratorium di BPOM Batam”, ujar petugas yang khusus datang dari Batam. Hingga berita ini diturunkan, petugas gabungan tersebut masih terus sisir minimarket di Kijang.(*)

Tulisan : Haris Daulay
 

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
DPRD BATAM
 Warta Kepri
SMART FREN
 Warta Kepri

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA