wartakepri, Ilustrasi ATM

Bank BRI Mulai Menggunakan Chip, Mampu Menangkal Kebobolan ATM

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pasca dihantam serangan skimmer, pihak Bank Rakyat Indonesia, terus berbenah meningkatkan perlindungan bagi para nasabahnya.

Kini Bank BRI cabang Batam Nagoya telah mulai menggunakan chip menggantikan teknologi magnetic stripe yang selama ini digunakan oleh perbankan di Indonesia pada kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Penggunaan teknologi chip ini dinilai jauh lebih aman dan mampu menangkal kejahatan pembobolan ATM seperti skimming yang tengah menjadi ancaman.

Penggunaan chip juga mampu memproses transaksi lebih cepat karena memang memiliki kapasitas yang lebih besar.

Kepala Cabang BRI Batam Nagoya, Rory L Toruan mengatakan, sebanyak 350 dari 18 ribu nasabah BRI cabang Batam Nagoya ini telah menggunakan chip.

Proses pergeseran teknologi ini lanjut Rory selain untuk memaksimalkam pelayanan keamanan nasabah, juga merupakan bentuk gerak maju perbankan di Indonesia.

Sistem chip ini sudah diterapkan dibanyak negara dan memang memiliki signifikansi terhadap keamanan dari kejahatan perbankan.

“Ini sesuai dengan kewajiban yang diamanatkan OJK, kita diminta mengganti semu dengan menggunakan chip,” kata Rory ketika dihubungi pada Selasa (27/3/2018).

Rory menjelaskan, sejauh ini BRI memang menjadi bank yang paling siap untuk menerapkan sistem chip untuk semua nasabahnya.

Dalam penerapannya sendiri, BRI tetap mendahulukan mereka yang memiliki indikasi atau kecenderungan terpapar dengan kejahatan perbankan.

Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap profile dan riwayat jalur transaksi nasabah, sehingga didapat mana nasabah yang rawan terkena kejahatan skimming.
“Jadi mereka yang kemungkinan besar terkena skimming akan kita dahulukan,” lanjut Rory.

Seperti diketahui penggunaan chip sebagai sistem keamanan baru bagi nasabah bank memang mulai diberlakukan secara bertahap. Ditargetkan pada 2021 seluruh bank sudah menerapkannya sebagai pengganti magnetic stripe.

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
DPRD BATAM
 Warta Kepri
SMART FREN
 Warta Kepri

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA