Kementerian PUPR Sosialisasi akan Rehabilitasi Daerah Irigasi Bintan Buyu

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

 

WARTAKEPRI.co.id BINTAN – Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV (BWS SUMATERA IV) – mulai melakukan rehabilitasi Daerah Irigasi Bintan Buyu di Kabupaten Bintan.

Lokasi DI Bintan buyu berada di Desa Bintan Buyu, dan Desa Sri Bintan, dan terletak di dua Kecamatan yakni, Kecamatan Teluk Bintan dan Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Program ini merupakan tindak lanjut dari usulan dinas pupr Kab. Bintan serta kunjungan kepala BWS Sumatera IV, Dr. Ismail Widadi, MSc. ke Kab. Bintan bertemu Bupati H. Apri Sujadi. S.sos.

Pada hari Senin tanggal 9 April 2018, BWS Sumatera IV beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan melakukan acara sosialisasi pekerjaan Rehabilitasi D.I Bintan Buyu (Lanjutan) diBintan.

Pekerjaan tersebut merupakan kali ketiga BWS Sumatera IV lakukan di lokasi D.I Bintan Buyu. Sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2016 dan 2017.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh PPK Irigasi & Rawa-SNVT PJPA- BWS Sumatera IV, Dinas PUPR Kab. Bintan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab. Bintan, Kepala Desa Sri Bintan, BPD, Kontraktor dan Konsultan Pengawas, serta masyarakat di kedua Desa.

Masyarakat Desa Bintan Buyu dan Sri Bintan menyambut positif dan mendukung pelaksanaan rehabilitasi ini.

Pada acara sosialisasi tersebut, PPK Irigasi dan Rawa, Eris Hendrabuana, S.T., menjelaskan bahwa Pekerjaan Rehabilitasi Daerah Irigasi Bintan Buyu di Kab. Bintan merupakan salah satu bagian dari beberapa Program Lanjutan Pembangunan Infrastruktur Irigasi yang akan dibangun di Kab. Bintan.

Pekerjaan ini terdiri dari beberapa item pekerjaan yaitu pek timbunan tanggul pasang surut, bangunan klep serta pengerukan sumber air irigasi.

Lingkup kegiatannya yaitu :
(1) Pembangunan Tanggul pasang surut guna untuk melindungi areal sawah dan saluran irigasi dari pasang surut air laut, serta menghubungkan antara kedua bangunan klep yang akan dibangun tahun ini;
(2) Pembangunan Bangunan Klep yang akan dibangun sebanyak 2 buah, dengan jumlah pintu 3 buah masing-masing bangunan. Pintu klep secara otomatis akan mengalirkan air yg berlebih ke sungai, dan juga menghambat air yg mengalami pasang surut;
(3) Pengerukan Sumber Air Irigasi, untuk dapat melayani sawah sesuai dengan perencanaan yaitu, 471 Ha. Sawah eksisting untuk saat ini baru 80 Ha.

Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Bintan, Edi Normansyah, mengatakan dukungan beliau beserta pemerintah setempat atas keberlanjutan pembangunan irigasi di daerah irigasi Bintan Buyu.

Hal serupa juga disampaikan oleh E. Supriadi, S.sos selaku wakil dari Kadis Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bintan mengatakan, dukungan dan mengharapkan program pertanian dapat berkesinambungan dengan pembangunan daerah irigasi Bintan Buyu.

Edi Normansyah juga menghimbau, masyarakat Desa Bintan Buyu dan Sri Bintan mendukung program pembangunan ini, guna memperlancar kegiatan pekerjaan, dan manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat setempat.(*)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
DPRD BATAM
 Warta Kepri
SMART FREN
 Warta Kepri

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA