Wartakepri, Asri Suherman

Masyarakat Menilai Keputusan Penambahan Bintan Menjadi 4 Dapil Sudah Tepat

DEWAN PERS WARTAKEPRI

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Surat Keputusan KPU RI terkait dengan pembagian Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Bintan menjadi empat masih menuai pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartakepri.co.id, badai kontra paling kencang berasal dari Bandar Seri Bentan 2 yang merujuk kepada Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bintan. Berdasarkan informasi tersebut, setelah Surat Keputusan KPU bernomor 273/PL01.3–KPT/06/KPU/IV/2018

tersebut beredar, DPRD Bintan sempat memanggil beberapa komisioner KPU Bintan untuk mempertanyakan kebenarannya.

Namun demikian, Tokoh Pemuda Bintan Timur, Asri Suherman menanggapi pro-kontra tersebut sebagai sesuatu yang biasa. Herman menilai sikap kontra tersebut berkaitan dengan perubahan peta politik yang akan mempengaruhi peluang kursi DPRD Petahana sekarang ini, khususnya anggota DPRD Bintan yang berasal dari Bintan Timur.

“Perubahan Dapil sangat berdampak bagi DPRD Bintan Dapil Bintan Timur”, ujar Herman.

Herman menjelaskan bahwa perubahan Dapil disambut secara positif oleh masyarakat khususnya dari masyarakat hinterland. Sikap pro tersebut sangat beralasan dikarenakan peningkatan peluang anak pesisir untuk terpilih di DPRD Bintan. Sehingga arah pembangunan di Bintan pesisir dan kepulauan dapat terukur karena kehadiran anggota legislatif asli tempatan.

“Mereka yang di pesisir (Dapil II) akan berpeluang besar untuk duduk di DPRD Bintan”, ujar Herman.

Herman menambahkan bahwa urgensi penambahan Dapil tersebut adalah terjaganya integritas penyelenggaraan pemilu legislatif di wilayah hinterland.

“Pelaksanaannya akan sangat bagus, sehingga permainan suara dilapangan akan bisa diminimalisir karena merupakan pertarungan sesama masyarakat hinterland”,  jelas Herman.

Selain tepat, keputusan penambahan tersebut menurut Herman sudah melalui mekanisme yang benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan sebagaimana mestinya. KPU Bintan sudah menfasilitasi audiensi dan jajak pendapat terkait dengan usulan penambahan Dapil tersebut. Hasilnya direkomendasikan dua opsi sesuai dengan pertemuan yang dilakukan awal tahun lalu.

“Sudah sesuai mekanisme sesuai dengan pertemuan awal tahun (2018) lalu terkait usulan penambahan Dapil tersebut”, tutup Herman. (Haris)

Klik Follow Untuk Baca Berita Terbaru Kami :

  • 0
DPRD BATAM
 Warta Kepri
SMART FREN
 Warta Kepri

Berita Terkait



PEMPROV KEPRI
PEMKO TANJUNGPINANG
PEMKO BATAM PEMKAB LINGGA
PEMKAB BINTAN
PEMKAB LINGGA