Gara-gara inilah, Zaskia Gotik Bercanda Sebut Pancasila “Bebek Nungging”

WARTAKEPRI.co.id – Gara-gara dikecam habis-habisan soal dirinya yang bercanda melecehkan Pancasila, pedangdut cantik dan seksi, Zaskia Gotik jadi kepikiran terus hingga tidak dapat tidur semalaman. Kabar terbaru menyebutkan alasan Zaskia melakukan lawakan yang justru membuat netizen berang. Ternyata ini nih…penyebabnya..

Zaskia sebagaimana dilansir Liputan6 mengaku bahwa dirinya tidak tahu jika jawaban dalam kuis acara tersebut dilarang. “Neng enggak tahu kalau itu dilarang,” ucap perempuan kelahiran 27 April 1990 ini.

Diketahui, larangan menghina negara dan lambangnya sebenarnya sudah diatur dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 misalnya tertulis, “Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta.

Murni improvisasi

Lebih jauh Zaskia Gotik mengaku semua yang terjadi murni improvisasinya. “Tim kreatif cuma bilang di acara itu Neng kebagian peran beloon. Ya, jawab asal-asalan. Enggak serius. Duh, tapi enggak nyangka jadi kayak gini,” kata si pemilik goyang itik ini.

Terpisah, psikolog Pendidikan Anak dari Lembaga Terapan Psikolgi Universitas Indonesia, Muhammad Rizal mengomentari insiden kceplosan Zaskia Gotik. Rizal mengatakan bercanda dengan merendahkan seseorang saja tidak seharusnya dilakukan, apalagi sampai menghina lambang kenegaraan.

“Bercandalah pada konteks yang tepat. Kalau seperti itu seharusnya hukum berbicara,” kata Rizal.

Teguran atau sanksi apa pun yang diberikan kepada Zaskia Gotik sebagai bentuk peringatan agar seseorang perlu waspada dalam bersikap. Terlebih Zaskia memiliki penggemar yang cukup banyak.

“Biar remaja melek (kalau tindakan itu salah). Dan sebagai seorang artis, seharusnya mereka berpikir ada impact dari tindakan yang mereka lakukan. Harus lebih berhati-hati ke depannya,” kata Rizal.

Jika sudah seperti ini, Zaskia Gotik harus siap menjadi korban bullying di media sosial. “Bullying memang tidak diperbolehkan. Tapi kalau di media sosial, siapa yang bisa melarangnya? Itu hukuman sosial yang bakal terjadi pertama kali,” ujar Rizal.

Protes keras yang dilayangkan kepada Zaskia Gotik di media sosial, diharapkan pelaku bisa meminta maaf dan tak mungkin akan ada tindakan hukum yang bakal diterimanya.

“Saya heran kenapa seringkali bikin statement bodoh. Hati-hatilah berkata. Jangan sampai ulahnya justru membuat kontraknya hilang,” kata Rizal menekankan.

Dukungan Ayu Ting Ting dan Jupe

Sementara itu penyanyi Ayu Ting Ting menilai, kejadian yang dilakukan oleh rekannya, Zaskia Gotik menjadi pembelajaran. Pelantun Alamat Palsu ini menegaskan, perilaku yang dilakukan oleh Zaskia –sapaan Zaskia Gotik– tidak akan terulang lagi.

“Kesalahan ini pasti jadi pelajaran, insyallah dengan adanya ini tidak terulang lagi,” kata Ayu kepada wartawan ketika ditemui di studio RCTI di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ayu sebagaimana dilansir Warta Kota melanjutkan bahwa ia menganggap perbuatan yang dilakukan oleh Zaskia, karena penyanyi Goyang Itik itu sedang apes.

Sebagai satu grup CECEPI, yang beranggotakan Ayu Ting Ting, Julia Perez, dan Zaskia Gotik, penyanyi dangdut asal Depok ini pastinya akan mensupport yang terbaik untuk sahabatnya.

“Kita sebagai orang pasti ada salahnya. Zaskia juga sudah minta maaf. Mudah – mudahan semua bisa memaafkan kesalahan Zaskia,” tambahnya.

Janda satu anak ini menceritakan, perilaku ucapan Zaskia memang suka ceplas – ceplos, ketika kumpul bersana teman – temannya.

Mendapatkan dukungan dari teman-temannya, Zaskia Gotik pun terharu. “Kayak Jupe, Ayu, ya mereka mah support. Katanya pelan-pelan, tenang, ‘intinya sudah kamu minta maaf’, katanya gitu,” ujar Zaskia sebagaimana dilansir OkeZone.

Menurut Zaskia, Jupe dan Ayu sudah menyatakan kesiapan untuk mendukungnya. Sehingga ia pun tidak merasa terlalu terpuruk akibat masalah tersebut.

“Kata mereka ‘apapun masalah yang dihadapi Cecepy bareng-bareng dihadapi sama cecepy’. Alhamdulillah Neng punya teman yang support, jadi enggak terlalu down,” jelasnya.(momot.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO