Pemko Batam Temukan Ada 20 Ribu Jiwa Penduduk Batam Tidak Permanen – WartaKepri.co.id
89 views

Pemko Batam Temukan Ada 20 Ribu Jiwa Penduduk Batam Tidak Permanen

Warta Kepri Penumpang di Pelabuhan Sekupang Batam





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pelabuhan Domestik Sekupang yang merupakan jalur padat aktifitas arus mudik, hari ini Selasa (12/7/2016) sudah berangsur normal. Meskipun ada penambahan penumpang yang datang, namun secara perlahan arus balik mudik lebaran warga Kota batam sudah menurun ketimbang hari biasanya.

“Kedatangan penumpang hari ini dari luar Batam sudah mulai berkurang, puncaknya adalah pada hari Sabtu dan Minggu kemaren. Sekarang saja tidak ada terjadi penumpukan jumlah penumpang apabila terdapat kapal yang bersandar secara bersamaan,” ujar Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Domestik Sekupang Batam, Deni Setiawan.

Sebagai Pelabuhan yang cukup besar di Batam, kata Deni, PDS tidak saja melayani pelayaran dalam 1 Provinsi saja, namun juga untuk tujuan Provinsi yang lainnya. Adapun rute yang dilalui seperti tujuan Dumai, Bengkalis, Buton, eranti, Tembilahan, Karimun, Tanjung Batu, Moro dan sebagainya. Dari semua rute tujuan yang dilalui itu, lanjut Deni, pada hari normal saja PDS mampu melayani sebanyak 2 ribu penumpang.

Sementara itu, menyikapi arus balik mudik datangnya warga kembali ke Batam, Pemko Batam akan melakukan pendataan melalui Disdukcapil yang sebelumnya berdasarkan data menemukan sekitar 20 ribu jiwa penduduk Batam tidak permanen.

“Kita sudah mengajukan pemberitahuan kepada Kanpel Batu Ampar terkait data para pendatang saat berlangsungnya arus balik mudik pada 2 titik, yakni melalui pelabuhan dan bandara,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam, Mardanis.

Kanpel diminta untuk melakukan pendataan kedatangan pengunjung dari luar daerah, baik itu di Pelabuhan Domestik Sekupang maupun di Bandara Hang Nadim Batam. Selanjutnya, untuk hasil datanya baru akan bisa diperoleh kepastian hasilnya pada H+10 pasca lebaran, paparnya.

Hal itu perlu dilakukan karena adanya terdapat sekitar 20 ribu jiwa penduduk Batam yang non permanen berdasarkan hasil laporan RT/RW, serta gelaran razia yang juga telah dilakukan oleh Disduk, pungkasnya. (mcb/ichsan)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

89 views