Tagih Janji.. Dua Desa di Pulau Laut Natuna Belum Juga Masuk Listrik PLN‎ ‎

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, NATUNA – Kecamatan pulau laut terbagi menjadi tiga desa diantaranya Desa Tanjung Pala, Desa Kadur dan Desa Air Payang.

Namun hingga kini, dua desa itu, desa Tanjung Pala dan Desa Kadur belum tersentuh dengan aliran listrik PLN.

Bahkan Gubernur Kepri Nurdin Basirun empat Bulan lalu, pernah datang ke sini Kecamatan Pulau Laut, di hadapan warga dia pernah menyebutkan, agar semua desa belum dialiri listrik segera percepat untuk hidupkan listrik.

Bahkan instruksi presiden Joko Widodo sangat tegas dan jelas , segera pasang penerangan listrik semua desa perbatasan berada di Indonesia tapi faktanya hingga kini di dua desa hingga penghujung tahun 2016 belum juga terpasang.

Demikaian keluhan warga pulau laut terlebih masyarakat Desa Tanjung pala.

” Kami sangat berharap agar disetarakan dengan desa lain terlebih dahulu telah terpasang jaringan listrik namun hingga sampai penghujung tahun ini desa kami belum juga ada tanda tanda olelh Perusahaan Listrik Negara (PLN ) langsung Turun tanggan untuk di Pulau laut kusunya kami di dua desa,” tutur Azi (31),yang merupakan Kepala desa tanjung pala, kepada Wartakepri.co.id, Jumat (30/12/2016).

Azi mengaku, kondisi masyarakat di desa sangat memprihatinkan. ” Kondisi sekarang lebih sangat memperihatinkan sekali bang. Sudah perekonomian yang sedang sulit ditambah lagi listrik di desa kami belum juga dialirkan listrik, Desa Tanjung pala memiliki jumlah penduduk sekitar , 233 kepala keluarga.

“Listrik di daerah kami lebih banyak mati pada hidupnya. Padahal listrik adalah motor penggerak utama ekonomi masyarakat. Jika listrik dapat hidup 24 jam bukan tidak mungkin daerah kami ini amat maju,” ungkap Azi.

Ia mengatakan, perusahaan listrik desa dikelola oleh perusahaan tidak lagi menyala,udah dua tahun lalu desa kami tampa penerangan dulu ada mesin dari perusa mesin berdaya rendah yang harus melayani dua desa yakni Desa Tanjung Pala dan Desa Kadur. Listrik hanya hidup dari pukul 18.00 Wib hingga pukul 23.00 Wib.

Menurut dia, telah berulangkali mengusulkan ke pemerintah daerah kabupaten dan provinsi bahkan bertemu langsung dengan Gubernur Kepri agar desa tersebut disediakan listrik yang hidup normal serta adanya pelabuhan yang layak, jalan beraspal, jaringan komunikasi, transfortasi laut dan ketersediaan air bersih.

Namun, katanya, usulan demi usulan untuk memartabatkan kawasan sempadan negeri itu hanya tinggal dalam bentuk kertas musrenbangda (musyawarah rencana pembangunan daerah) tanpa ada realisasi dari tahun ke tahun.

Azi mengaku saat ini kami hanya mengunakan lampu teplok Karena kekuatan mesin gengset pribadi dari warga digunakan tidak selamanya bisa menampung kebutuhan listrik yang ada hanya bertahan 4 jam saja, jika bahan bakar abis kami harus pakai lilin.Tutur Azmi (39),pemuka masyarakat tanjung pala juga sebagai pengurus LPMD desa tanjung pala.

Pihaknya sangat mengharapkan sekali pemerintah pusat bisa memperhatikan masyarakat di pulau terluar Indonesia ini khususnya di desa pulau laut dengan memasukkan jaringan PLN dan bisa mengaliri listrik selama 24 jam.

” Harapan kami bang yang paling utama adalah jaringan listrik PLN bisa masuk ke desa dan bisa menyala selama 24 jam karena dengan adanya listrik otomatis pasti perekonomian bisa meningkat,” tutup Azmi.

Desa kadur merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Dahulu, wilayah Kadur merupakan sebuah dusun di Desa Tanjungpala, sebelum akhirnya dimekarkan dan menjadi desa tersendiri.

Luas wilayah desa ini 7,81 km².
Jarak Desa Kadur dengan ibu kota kecamatan sekitar 10 kilometer.

Desa Kadur terdiri atas 1 dusun, 1 rukun warga, dan 6 rukun tetangga.

Jumlah penduduk Desa Kadur 314 jiwa, dengan 175 pria dan 139 wanita per tahun 2011.

Terdapat dua buah dermaga kayu berukuran 300 m.juga terdapat 29 pompong di desa ini.
Baik kantor desa maupun balai pertemuan warga ada di desa ini.

Untuk kawasan wisata sejarah juga terdapat beberapa tempat salah satunya Batu Keramat batu AU bertempat di desa Kadur. (rikyrinov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG