WARTAKEPRI.co.id, PEKANBARU – Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam berkomunikasi dan menggunakan layanannya, khususnya di periode Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 (NARU) yang dipredikasi akan mengalami lonjakan trafik, Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh wilayah Regional Sumbagteng.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Telkomsel telah mempersiapkan jaringan sejak memasuki semester kedua tahun 2016 dengan penambahan BTS maupun penguatan kapasitas layanan di beberapa daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan. Penambahan yang paling tinggi terjadi pada jaringan 4G yang tersebar di pusat pemerintahan termasuk disejumlah destinasi wisata.
GM Sales Region Sumbagteng Ismu Widodo Kepada wartaKepri.co.id melalui siaran pers beberapa waktu lalu mengatakan, “Periode Lebaran, Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan periode yang amat penting bagi masyarakat. Di saat-saat ini pula lah kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data. Untuk itu di masa-masa tersebut kami selalu meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik yang kami berikan bagi para pelanggan.”
Kemampuan jaringan telah diuji secara berkala dan Telkomsel telah melakukan test drive secara merata di pusat kota Pekanbaru, Batam, Bukit Tinggi, Dumai dan beberapa lokasi lainnya khususnya dalam mengantisipasi Natal dan Tahun Baru yang menunjukan kestabilan. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, lonjakan penggunaan layanan Telkomsel di Regional Sumbagsel pada H-1 natal 2016 dan tahun baru 2017 diperkirakan akan didominasi oleh lonjakan layanan data yang akan diprediksi meningkat hingga 180%, sedangan voice dan SMS cenderung lebih stabil dikisaran angka 10%.
Saat ini banyak pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berbagai aktivitas komunikasinya seiring dengan tingginya penggunaan media sosial. Maka, dengan penguatan jaringan yang telah dilakukan oleh Telkomsel, pelanggan bisa berbagi status ucapan Natal dan Tahun Baru ataupun video aktifitas dengan lancar.
Telkomsel memprediksi pelanggan akan banyak memanfaatkan layanan chat seperti WhatsApp, Line, BBM, Facebook Messenger, dan lain sebagainya. Tidak hanya penambahan dan penguatan jaringan tersebut, Telkomsel juga telah mengantisipasi lonjakan permintaan terhadap produk dengan meningkatkan jumlah produksi, baik untuk kartu perdana, isi pulsa, maupun untuk paket bundling. Telkomsel pun menjamin layanan produk tersebut bisa didapatkan dengan mudah di seluruh mitra dealer dan mitra kerja Telkomsel yang tersebar di seluruh daerah. Penyebaran produk Telkomsel sudah bisa didapatkan dengan mudah di setiap kios-kios penjual pulsa, bahkan di pelosok desa.
Dari data tahun sebelumnya, terjadi peningkatan pembelian pulsa sebesar 33 persen pada saat Natal dan Tahun Baru. Telkomsel telah menyediakan dua kali lipat dari biasanya sehingga ketersediaan produk betul-betul terjamin dan terjangkau oleh masyarakat. Menurut General Manager Sales Regional Sumbagteng, Ismu Widodo, “Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan menjelang natal dan tahun baru, Telkomsel telah meningkatkan distribusi produk maupun ketersediaan pengisian pulsa hingga dua kali lipat dari kondisi normal bukan hanya di outlet namun di semua Channel Distribusi baik Traditional Channel (Mkios dan Voucher Fisik) dan Modern Channel (ATM, T-Cash, Transfer Pulsa dst). Dari peningkatan ini dapat dipastikan bahwa Telkomsel dapat memenuhi lonjakan kebutuhan komunikasi pelanggan nantinya,” tambahnya lagi. Telkomsel juga telah melakukan identifikasi terhadap 60 titik keramaian utama yang ada di wilayah Regional Sumbagteng yang diprediksi akan dipadati oleh pelanggan di masa NARU yang dikenal dengan sebutan PREMIUM, atau singkatan dari: PUBLIC SERVICES, RELIGIOUS EVENTS, ENTERTAINMENT EVENTS, MALLS AND SHOPPING CENTER, INDOOR EVENTS, UNIQUENESS dan MASSIVE CROWD.
Selain didukung oleh lebih dari 9500 BTS 4G dan 3G-2G yang tersebar di wilayah Regional Sumbagteng, Telkomsel juga mengerahkan 36 Compact Mobile BTS (COMBAT) diwilayah Sumbagteng untuk menjamin kualitas jaringan selama NARU tetap prima. Dari sisi layanan Telkomsel menyiagakan 48 armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui Telkomsel Distribution Center (TDC) Siaga sebanyak 81 mitra, serta didukung pula oleh 7 GraPARI Siaga dan Call Centre yang siap melayani tanpa kenal hari libur. Untuk graPARI yang tetap melayani adalah GraPARI Mall SKA Pekanbaru, GraPARI Pekanbaru Panam Jl. HR Subrantas, GraPARI Nagoya Hill, GraPARI Mall Panbill, GraPARI Batam Penuin, GraPARI Padang dan, GraPARI Bukit Tinggi, akan tetap melayani pelanggan saat libur Natal dan Tahun Baru dengan operasioal layanan dari jam 10:00 hingga 16:00 WIB. ( r / Dede Rusdiana)