Memastikan Proses Pembangunan Pelebaran Jalan Berjalan Lancar Walikota Batam Meninjau langsung ke Lokasi

GALERI 24

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Walikota Batam, Muhammad Rudi meninjau progres pengerjaan jalan di dua ruas pelebaran wilayah Batam Center, Rabu (19/7/2018) sore. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan proses pembangunan berjalan sesuai jadwal dan rencana.

Adapun dua lokasi yang ditinjau yakni titik pelebaran jalan di ruas antara Simpang BNI Sei Panas menuju Underpass Pelita. Dan ruas jalan dari Simpang BNI ke Simpang Frengki.

“Sejauh ini progresnya masih on the track, sesuai jadwal,” tegas Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam, Yumasnur di Sekupang, Kamis (19/7/2018).

Ia menjelaskan ada titik di pelebaran Simpang BNI-Underpass yang akan dilakukan peninggian badan jalan. Peninggian dilakukan karena jalan di lokasi depan tempat makan tersebut cukup rendah. Proses ini juga menjadi atensi Walikota Batam saat meninjau proyek pelebaran jalan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau itu.

Menurut Yumasnur, pihak kontraktor atau pelaksana pembangunan sedang mengejar penyelesaian lajur tambahan. Hal ini dilakukan agar segera bisa dimanfaatkan oleh pengguna jalan.

“Tidak ada pengalihan arus (lalu lintas). Makanya kontraktornya mau selesaikan jalan barunya dulu. Jadi saat peninggian badan jalannya, pengemudi sudah bisa lewat di jalan yang baru dibangun,” papar dia.

Sementara itu, terkait perbaikan jalan pelintas di Simpang Kepri Mall, menurut Yumasnur, masih menunggu proses lelang di Kementerian. Karena yang akan melaksanakan pembangunannya nanti adalah Satuan Kerja Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Bangunan pelintas yang lama ini sudah tidak mampu menampung debit air yang  ada lagi. Karena itu mau diganti dengan yang baru dengan kapasitas lebih besar. Masih proses lelang,” kata dia.

Yumasnur mengatakan bangunan pelintas berupa box culvert ini akan dibuat melintang dari arah Pos Polisi Simpang Kabil Kepri Mall menuju DAM Duriangkang. Sedikit banyak tentunya akan mengganggu arus lalulintas di salah satu simpang terpadat Kota Batam tersebut.

Sebelumnya Walikota Batam, Muhammad Rudi sudah menyampaikan imbauan kepada warga agar mengurangi penggunaan jalan di persimpangan itu. Apabila tidak ada kepentingan sebaiknya tidak melalui jalan di depan Kepri Mall tersebut.

“Agustus depan akan dibongkar. Kami harap kalau tidak perlu sekali lewat jalur itu, bisa lewat jalur lain. Tapi tetap kita siapkan jalur pengganti sementara,” kata Rudi di Kantor Walikota, beberapa waktu lalu.

Sumber : Media Center Batam

Foto       : Media Center Batam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News