Tanpa Pita Cukai Resmi DJBC Khusus Kepri Amankan Kapal Bermuatan Rokok Ilegal Luffman – WartaKepri
33 views

Tanpa Pita Cukai Resmi DJBC Khusus Kepri Amankan Kapal Bermuatan Rokok Ilegal Luffman

Tanpa Pita Cukai Resmi DJBC Khusus Kepri Amankan Kapal Bermuatan Rokok Ilegal Luffman


PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pada minggu (2/6/2019) Kanwil DJBC Khusus Kepri berhasil menegah KM. Sinar Matahari memuat rokok ilegal diperairan pulau nipah karena tidak dilengkapi oleh dokumen-dokumen resmi kepabeanan, dengan menggunakan kapal patroli Tiger dan Wiro milik Kanwil DJBC.

Ditengarai KM. Sianar Matahari sendiri tengah melakukan aktifitas shep to shep atau STS, dengan mesin empat High speed craft atau HSC.

Kepala kantor wilayah DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto mengutarakan bahwa saat hendak dilakukan penegahan kapal tersebut berupaya untuk melarikan diri dari kejaran petugas menuju perairan internasional.

Dimana petugas patroli sempat melepaskan tembakan peringatan untuk memberhentikan empat unit speed tersebut yang mencoba kabur dari kejaran petugas.

“Setelah dilakukan penegahan, kapal yang diketahui berasal dari juring Singapura tersebut memuat tokok ilegal sebanyak 297 karton atau sekitar 2.970.000 batang dengan Merk Luffman,” terang pria asal Jawa timur tersebut saat jumpa pers di aula Kanwil DJBC khusus Kepri Senin siang (17/6/2019).

Lebih lanjut lagi, Agus Yulianto yang pernah menjabat Kanwil Bea cukai Aceh ini menambahkan bahwa, KM . Sinar Matahari tersebut sebelumnya juga pernah dilakukan penegahan pada 22 Maret 2019 lalu, namun pada saat itu muatan dalam keadaan nihil serta belum dapat dibuktikan pelanggaran kepabeanannya.

“Kendati demikian telah ditemukan adanya pelanggaran aturan pelayaran, sehingga dilimpahkan kepada KSOP kelas I Tanjung Balai Karimun,’ tegasnya.

Dari hasil penegahan pada konferensi pers yang juga di lanjutkan dengan acara Halal Bihalal dengan Insan media, diperkirakan jumlah muatan barang ilegal tersebut sekitar RP. 1.143.450.000. Dan hingga saat ini Kapal KM. Sinar Matahari diamankan pada dermaga Kanwil DJBC Khusus Kepri untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut lagi.

Penegahan KM Sinar Matahari tersebut, telah melanggar undang-undang nomor 17 tahun 2006, tentang perubahan atas undang-undnag nomor 10 tahun 1995, tentang kepabeanan, Pasal 102 huruf (a) atau pasal 102 huruf (b) undnag-undang nomor 39 tahun 2007, tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 1995 tentang cukai pasal 54. (AMS)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA