BI Kepri Gelar Kas Keliling Kesejumlah Pulau di Anambas Bersama KRI Lemadang

177
Kas Keliling Bank Indonesia Jelang Idul Adha 1440 H dan Sosialisasi Keaslian Uang, Penukaran Uang, Distribusi Uang di Kepulauan Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T) Kabupaten Kepulauan Anambas

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Bank Indonesia bersama TNI AL kembali melaksanakan Kas Keliling di Kepulauan Terluar, Terdepan dan Terpencil di Kabupaten Anambas. Dan, pada tanggal 7 Agustus 2019, sekitar Pukul 14.25 WIB di wilayah Pelabuhan Tarempa, Kecamatan. Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), telah berlangsung pelaksanaan Kas Keliling Bank Indonesia menggunakan KRI Lemadang.

Proses penukaran ini sengaja digelar jelang Idul Adha 1440 H yang juga dan Sosialisasi Keaslian Uang, Penukaran Uang, Distribusi Uang di Kepulauan Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T) Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (7/8/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim (Danlanal Tarempa), Mayor Laut (P) Pungki Kurniawan (Komandan KRI Lemadang-632), Kompol Rafizal Amin (Waka Polres KKA), Iptu Boston Butar-Butar (Kasat Lantas Polres KKA), Agus Topik (Ketua Team Expedisi Kas Keliling Bank Indonesia) dan jajaran Lanal Tarempa, Polres KKA, serta diikuti masyarakat Anambas.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut, antara lain sekitar Pukul 14.28 WIB, Lanal tarempa melaksanakan apel di pelabuhan Tarempa menyambut kedatangan Kapal KRI Lemadang-632, dan Pukul 14.40 WIB, Kapal KRI Lemadang-632 tiba di Pelabuahan Tarempa.

Sekitar Pukul 15.27 WIB, Barang Bawaan Bank Indonesia dibawa ke ruang tunggu Pelabuhan Tarempa menggunakan Tosa Warna Biru Nopol BP 4432 WC dengan Pengendara Soleh.

Sekitar Pukul 15.42 WIB, Bank Indonesia melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Keaslian uang, Penukaran dan distribusi uang dan Penyerahan bantuan dari BI Kepada Sekolah SMAN 01 Anambas, dengan membagikan antara lain, Satu Set Komputer, Satu Unit Printer dan Satu Unit Infocus.

Penyampaian dari Agus Topik (Ketua Team Expedisi Kas Keliling Bank Indonesia) mengatakan, antara lain Masyarakat harus lebih waspada terhadap peredaran uang palsu mengingat kebutuhan transaksi belanja dan penukaran uang sangat tinggi.

Menghimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dengan pemilihan tempat penukaran uang dan mewaspadai adanya peredaran uang palsu dalam berbagai pecahan saat bertransaksi.

Agar terhindar dari peredaran uang palsu, BI mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan penukaran uang di tempat-tempat resmi yang sudah ditentukan. Baik di lembaga perbankan maupun ke kantor Bank Indonesia Perwakilan Kepri secara langsung.

Cara untuk mengetahui untuk mengetahui uang tersebut palsu atau asli yaitu dengan 3D itu (Dilihat, Diraba dan Diterawang).

Kegiatan Sosialisasi Keaslian Uang, Penukaran Uang, Distribusi Uang di Kepulauan Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T) bertujuan agar masyarakat Anambas lebih mengetahui dan mengenal keaslian uang rupiah, serta menghindari masyarakat mengalami kerugian akibat uang palsu.(Rama).

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN