Jangan Khawatir, Begini 4 Cara Menghemat Tagihan TV Kabel dan Internet





Internet dan TV kabel sepertinya jadi dua hal yang enggak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Namun, perlu ada beberapa cara untuk menghemat tagian dua hal tersebut. Apa saja?

Buat banyak orang, internet dan TV kabel adalah ‘jalan pintas’ untuk menghilangkan stres saat sedang berada di rumah. Yap, dengan dua fasilitas tersebut, kita bisa mendapatkan banyak informasi atau hiburan yang kita inginkan. Itu sebabnya, enggak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk memanfaatkan hal tersebut.

Meski begitu, tagihan bulanan internet dan TV kabel juga bisa bikin kita mengernyitkan dahi saat mengetahui nominal yang harus dibayarkannya. Nah, untuk menghemat pengeluaran tagihan TV kabel dan internet, berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Kenali kebutuhan kamu

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah mengenali kebutuhan kamu. Yap, apakah kamu orang yang lebih sering menghabiskan waktu di rumah atau di luar (seperti kantor)? Jika jawabannya adalah lebih sering menghabiskan waktu di rumah, kamu tentu membutuhkan paket internet yang sepuasnya atau unlimited sehingga bisa memaksimalkannya dengan baik.

Namun, jika kamu lebih sering berada di luar rumah dan hanya menggunakan internet setelah pulang kantor atau di malam hari, tentu kamu enggak butuh paket internet yang unlimited untuk menghemat biaya pengeluaran bulanan kamu. Namun, jika kebutuhannya sudah berubah dan ternyata kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, kamu bisa mengganti paket internetnya dengan menghubungi layanan internet yang kamu gunakan di rumah.

Tahu kebiasaan

Selain kebutuhan, kamu juga perlu mengetahui kebiasaan kamu sehari-hari saat menggunakan internet dan TV kabel. Sebagai contoh, buat kamu yang hobi main games di PC atau laptop tentu membutuhkan paket internet unlimited. Dengan paket ini, kamu bisa bermain sepuasnya tanpa perlu takut tagihan akan membengkak.

Lalu bagaimana dengan kebiasaan menonton? Jika kamu lebih suka menonton video-video dari YouTube, paket internet unlimited adalah pilihan yang pas. Kamu bisa memilih paket TV kabel yang paling murah dengan channel standar.

Nah, hal tersebut mungkin terkesan sepele. Namun, jika kamu bisa mengetahui kebiasaan kamu dalam menikmati hiburan, kamu tidak akan merasa rugi membayar sejumlah uang tanpa memanfaatkannya dengan maksimal.

Jangan menambah lebih dari seharusnya

Sadar atau enggak, kebiasaan menambah paket internet dan TV kabel belakangan biasanya mengakibatkan tagihan yang mahal? Inilah konsekuensi dari tidak menentukan kebutuhan dengan tepat.

Sebagai contohnya, saat di awal kamu memilih paket TV kabel standar dengan channel standar pula (berita, olahraga). Namun ternyata sebenarnya kamu gemar menonton channel memasak.

Akhirnya kamu mengajukan penambahan paket channel memasak ini. Sayangnya adalah kebanyakan penambahan ini akan lebih mahal daripada penentuan di awal. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, yakni pahami kebiasaan dan kebutuhan kamu saat menggunakan internet atau TV kabel, ya.

Kenali paket dengan baik

Poin ini mungkin akan lebih tepat buat kamu yang memilih untuk menggunakan paket terbatas, baik itu untuk internet atau TV kabel. Sesuai peruntukannya, paket internet terbatas biasanya akan membatasi aktivitas kamu, misalnya hanya untuk menonton YouTube saja. Atau untuk TV kabel, kamu wajib kenali channel yang memang berlangganan.

Hal ini tentu menjadi penting buat perencanaan keuangan bulanan kamu. Pasalnya, jika kamu ‘melanggar’ peraturan yang sudah ditetapkan untuk penggunaan internet terbatas, tentu akan ada kenaikan biaya yang enggak sedikit yang harus kamu bayarkan tiap bulannya. Jadi, pastikan kamu mengenali paket dan promo yang ditawarkan dengan baik, ya.

Selain itu, kamu juga wajib membayar semua tagihan bulanan tersebut tepat waktu. Pasalnya, jika kamu telat membayar, kamu akan mendapatkan denda yang diakumulasikan pada bulan berikutnya. Nah, biar enggak telat, kamu bisa bayar tagihan internet dan TV kabel langsung di Traveloka.(*)

Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA