Suasana di Pengadilan Negeri Batam “Bak Taman Kanak Kanak”





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Suasana Pengadilan Negeri Kota Batam, Selasa (15/10/2019) siang terlihat meriah. Selain terlihat puluhan terdakwa berbaju merah, suasana pengadilan juga diramaikan anak anak mulai usia 1 tahun hingga pelajar sekolah dasar.

Sepintas, tidak ada hal masalah hadirnya anak anak di pengadilan ini, namun agak miris ketika orang tua mereka membiarkan anak anak melihat puluhan orang terdakwa berada dibalik jeruji tahanan.

” Kami terpaksa membawa anak karena tidak ada yang menjaga di rumah, tapi juga anak juga ingin jumpa bapaknya,” ujar seorang ibu ibu berbaju putih di Pengadilan Negeri Batam.

Selain ramai bermain depan jeruji tahanan, juga nampak anak anak bermain depan ruang persidangan, walau mereka tidak masuk. Tetap kecerian dan pasti tidak ada pemikiran apa yang terjadi dan kenapa mereka bermain bak taman kanak kanak di Pengadilan Negeri.

Dari pantauan WartaKepri, total tahanan yang ikut persidangan Selasa (15/10/2019) ada lebih kurang 70 orang tahanan. Jumlah tahanan ini terlihat kisaran belasan anak anak balita.

Dalam pandangan sosial, dampak keterpaksaan orang tua membawa anak harus menjadi perhatian semua pihak. Mungkinkah ada solusi seperti fasilitas khusus bagi anak bermain di sekitar pengadilan. Atau pihak pengadilan memberi atau arahan agar orang tua tidak membawa anak ke pengadilan.

” Kalau nanti mereka melihat hal negatif menjadi hal biasa, lalu seperti apa nanti mereka nanti,” terang seorang wartawan yang duduk di Kantin Pengadilan Batam. (*)

Tulisan : Arfian Eka Saputra
Editor : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA