Upacara Sumpah Pemuda 2019 di Anambas, Sekda Sampaikan Bersatu Kita Maju





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melaksanakan upacara Hari Sumpah Pemuda ke 91 di Halaman Kantor Bupati di Pasir Peti Tarempa Timur Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (28/10/2019).

Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 91 tahun ini di Kabupaten Kepulauan Anambas kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Upacara HSP ke 91 tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) selaku Inspektur Upacara dan Dedi Darmadi guru SMPN 5 Bukit Tambun selaku Komandan Upacara, dan dihadiri oleh Forkopimda KKA, antaranya adalah Kapolres Kepulauan Anambas AKBP. Junoto.SIK yang diwakili oleh IPTU Robinsar Tampubolon, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim diwakili oleh Kapten Laut (P) Adie Poetra Sitanggang, Plh.Danramil 02 Tarempa, Peltu Amrul Rafi’ Nasution, Kemenag Erizal Afdillah, seluruh OPD KKA.

Laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara akan dimulai, kemudian menaikan bendera Merah Putih serta Penghormatan Bendera Merah Putih oleh Peserta Upacara, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang diikuti seluruh peserta upacara dan pembacaan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Joko Maulana dari dinas Parawisata dan Kebudayaan KKA serta pembacaan Keputusan Konggres Pemuda Indonesia 1928 oleh Asfarizal dari dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama
Suheti dari guru sekolah Min KKA.

Sekda KKA, Sahtiar SH,MM selaku Inspektur Inspektur Upacara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) mengatakan,Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,”sebut Sahtiar saat membacakan pidato Menpora RI.

Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik.

“Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam,”ucap Sekda KKA.

Dikatakan,disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang posistif. Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia, pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukan dunia, saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

“Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi,” harapnya.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,”katanya.

Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuangan untuk Nusa dan Bangsa. (Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA