Sifat-sifat Terpuji Rasulullah SAW yang Bisa Diajarkan kepada anak



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID, Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Bagaimana tidak, hari ini bertepatan dengan momen Maulid Nabi Muhammad SAW, anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk menghabiskan waktu dengan anak. Mulai dari menceritakan sosok Nabi yang dikisahkan punya sifat luhur.
Semakin sering kita kisahkan padanya, maka semakin tertanam dalam diri anak dan terbawa hingga dewasa. Mengutip dari Sahabat Keluarga Kemdikbud, berikut adalah 4 sifat terpuji Rasulullah yang bisa kita ajarkan pada si kecil:

1. Shiddiq (Jujur)

Jujur adalah sikap yang menyatakan sesuatu sesuai fakta. Kejujuran Nabi Muhammad SAW sangat terkenal tidak hanya di kalangan para sahabatnya, tapi juga para musuhnya. Ali R.A meriwayatkan bahwa Abu Jahal berkata kepada Rasululullah SAW, ”Kami tidak mengatakan engkau dusta. Namun, kami menganggap dusta ajaran yang engkau bawa.”
Beliau selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan benar. Lewat kisah ini, Anda bisa mengajarkan si kecil bahwa kejujuran itu penting, walau hal tersebut bisa menyakitkan.

2. Amanah (Dapat Dipercaya)

Amanah atau dapat dipercaya merupakan sifat baik yang dimiliki Rasulullah, yakni bila suatu urusan dipercayakan kepadanya maka dia akan melaksanakan urusan tersebut dengan sebaik-baiknya. Rasulullah SAW diberi amanah untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia dan melaksanakan tugas itu dengan tak gentar.
Anda dapat menyampaikan contoh sederhana pada si kecil, seperti jika ia berjanji pada teman, orang tua, saudara, atau orang yang tak disukainya, harus tetap menepati janji. Jika mengingkari, berarti ia bukan orang yang bisa dipercaya.

3. Tabligh (Menyampaikan)

Rasulullah menerima ajaran dari Allah SWT, berupa wahyu kepada umat manusia agar menjadi pedoman hidup. Bahkan sampai hal terkecil sekalipun Ia sampaikan, agar manusia tidak tersesat.
Anda bisa mengajarkan sifat ini kepada anak Anda dengan hal sederhana. Misalnya ketika ia diberikan kepercayaan untuk menitipkan sesuatu pada teman maka ia harus benar-benar memberikannya. Itu juga akan membuatnya belajar memiliki tanggung jawab

4. Fathonah (Cerdas)

Rasul dikenal sebagai orang yang cerdas, pandai, arif, dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Sebagai orang tua, Anda juga harus membiasakan sifat ini kepada si kecil. Misalnya dengan memberi ia pilihan agar anak terbiasa membuat keputusan. Sifat-sifat ini kelak yang akan membantu ia saat menghadapi rintangan.

 

Artikel Asli: Kumparan.com



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA