Kantor Imigrasi Kelas II Karimun Laksanakan Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 – WartaKepri.co.id
25 views

Kantor Imigrasi Kelas II Karimun Laksanakan Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun melaksanakan Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja tahun 2020, serta Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada senin (17/2/2020).

Pada pelaksanaan kegiatan Penandatanganan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2020 dan Komitmen Bersama Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang digelar dihalaman Kanim kelas II TBK, turut serta dihadiri oleh seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karimun.

“Awal pada satu tahapan untuk mendapatkan status wilayah bebas dari korupsi. Kalau sudah, pencanangan ini nantinya akan kita usulkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun dan rumah tahanan negara kelas II B Tanjungbalai Karimun telah memenuhi syarat, selanjutnya diusulkan untuk menjadi kandidat wilayah bebas dari korupsi,” terang Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Kepri, Agus Widjaja seusai pendeklarasian janji kinerja yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanim kelas II TBK.

Agus menyebut, untuk kelanjutan tahapan berikutnya banyak sekali. Berbenah mulai dari sarana dan prasarana, baik dari alur pelayanan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), serta pelayanan publik harus dioptimalkan, berdasarkan Permenpan RB nomor 10 tahun 2019, tentang perubahan atas Permenpan RB tahun 52 tahun 2014, tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani dilingkungan Instansi Pemerintah.

“Seluruhnya tergantung dari survei, dan survei dari dalampun ada namanya survei integritas. Dimana para pegawai akan menilai dirinya sendiri, sedangkan indeks persepsi korupsi (IPK) dan indeks kepuasan masyarakat (IKM), kalau masyarakat puas menilai hasil kinerja yang telah dilakukan oleh Kanim imigrasi kelas II Tanjungbalai Karimun, standarnya berarti lulus,” pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun, Darmunansyah menjelaskan bahwa, seluruh jajarannya akan berkomitmen bersama untuk mewujudkan WBK-WBBM melalui reformasi birokrasi.

“Dalam hal ini tentunya pencegahan korupsi sekaligus peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Dikatakannya, kedepannya akan selalu kita perbaiki walaupun sumber daya manusia (SDM) kita masih kurang, akan tetapi Kanim Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun akan terus menciptakan terobosan dan inovasi-inovasi untuk masyarakat, karena sepengetahuan saya kantor imigrasi diseluruhnya Indonesia belum ada yang tanpa mengisi formulir.

“Sejak bulan Januari 2020, saya telah memberikan Inovasi untuk masyarakat, agar masyarakat khususnya di Kabupaten Karimun ini tidak lagi mengisi formulir, hanya saja mengisi pernyataan apakah sudah pernah membuat paspor atau belum,” imbuhnya.

Darmunansyah juga mengatakan bahwa di wilayah Karimun ini kulturnya berbeda-beda. Dimana untuk mengisi formulir itu membutuhkan waktu yang lama hingga satu jam.

“Oleh karena itu saya rubah dan selanjutkan diciptakan aplikasi, jadi masyarkat tidak perlu lagi untuk mengisi formulirnya,” kata Darmunansyah.

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

25 views