IKSSB Batu Ampar dan Bengkong Resmi Terbentuk, Warga Sikumbang Diminta Komit dan Kompak

291

WARTAKEPRI.co.id, BATAM-Ikatan Keluarga Suku Sikumbang Bersatu (IKSSB) kota Batam menggelar silaturahmi dan pembentukan pengurus ranting IKSSB kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Bengkong, kegiatan berlangsung Jumat (16/10/2020) malam di Komplek Mini Market Gogo, Seraya Atas, kota Batam.

Koordinator IKSSB Batam, Nov Iwandra mengatakan, kegiatan ini bentuk silaturahmi sekaligus pembentukan pengurus baru kecamatan Batu Ampar dan Bengkong.

“Keberadaan suku Sikumbang di Batam ini tidak asing lagi, sebab ada banyak dunsanak kita perantauan ini. Tidak hanya Batam saja, tetapi dimanapun berada akan selalu mencari dunsanak, karena sudah keterikatan tali darah yang tak mungkin dilepaskan,”kata Nov Iwandra.

Menurut Nov, sebuah komitmen dan sinergisitas yang harus kita jaga dan tingkatkan sebagai sebuah tanda bahwa kito badunsanak di manapun kita (Rang Suku Sikumbang) berada.

“Dengan duduk bersama ini, maka akan terus terjalin silaturahmi, kekompakan kebersamaan, dan kepedulian antarkeluarga,”tuturnya.

Lanjut Nov, adapun jumlah suku Sikumbang di kota Batam saja itu mencapai 600 kepala keluarga (KK) dari data ini, ia yakin dunsanak yang belum masuk pada wadah rang Sikumbang akan tetap terus didata ulang.

“Ada 600 kepala keluarga (KK) di kota Batam ini suku Sikumbang saja, bayangkan banyak rang Sikumbang di perantauan ini,”ucap Nov.

Nov menyebutkan bahwa ada adat yang melarang dunsanak rang Sikumbang tidak boleh menikah sesama satu suku. Artinya satu suku itu sangat dilarang keras untuk menikah.

“Rang Sikumbang perlu menjaga, mengayomi dan melindungi, seluruh saudara kita yang berada di kampung halaman beserta dunsanak di perantauan khususnya di Batam,” sebutnya lagi.

Hal yang sama juga disampaikan mamak Suku Sikumbang Batam, Zukirman Sik, pertemuan ini merupakan bentuk silaturahmi antara sesama suku yang ada di Batam. Makanya perlu sekali kita memperkuat kembali wadah ini.

“Alhamdulillah pertemuan ini sekaligus pembentukan kepengurusan ranting IKSSB kecamatan Batu Ampar dan Bengkong,”ucap Mak Zukirman Sik

Ia meminta kepada seluruh suku Sikumbang yang ada di Batam untuk selalu kompak baik segi sosial maupun keagamaan. Sebab ini murni untuk kebersamaan,”pintanya.

Sementara itu, Panungkek Suku Rang Sikumbang wilayah Jodoh, Amin Sik, juga menambahkan sebagai orang Minangkabau, harus selalu ingat pesan dari ninik mamak dan keluarga.

“Kita harus bisa menjaga diri, keluarga beserta dunsanak dari hal-hal negatif. Dengan ikhtiar yang serius, kita akan bisa meraih keberhasilan di perantauan,”imbuhnya.

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh dunsanak Sikumbang di Batam, mari kita kumpulkan dunsanak nan taserak serta kamehkan nan Tacicia. Kok barek marilah samo dipikua, kok ringan mari samo kito jinjiang,”pungkasnya.(*)

Kiriman : Taufik Chan

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN