Program Jelas untuk Ciptakan UMKM Go Digital, Marlin Siapkan Langkah-langkah Strategis

139
Program Jelas untuk Ciptakan UMKM Go Digital, Marlin Siapkan Langkah-langkah Strategis

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina mendukung pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan cara go digital. Hal ini menurutnya sejalan dengan visi Marlin bersama Ansar Ahmad, pasangannya di Pilkada Kepri 2020.

“Visi saya bersama Pak Ansar Ahmad itu menjadikan Kepri makmur, berdaya saing, dan berbudaya. UMKM go digital ini merupakan bagian dari visi berdaya saing. Masyarakat, koperasi, UKM di Kepri semuanya harus berdaya saing,” tutur Marlin saat silaturahmi dengan pelaku UMKM di Greenland Kecamatan Batam Kota, Jumat (16/10/2020).

Sebagai penjabaran visi tersebut, Ansar-Marlin telah menyusun lima misi dan tujuh program unggulan. Satu di antaranya adalah peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia.

“Program unggulan kami yang ketiga adalah pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan pelatihan, serta pemberdayaan perempuan dan pemuda. Kami ingin menciptakan SDM yang berkarakter, yang dijabarkan melalui UMKM, industri, pariwisata,” paparnya.

Pelaku UMKM, sambung Marlin, akan menjadi salah satu target program pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut 3 ini. Beberapa langkah sudah disiapkan untuk membantu UMKM Kepri berkembang.

Langkahnya yaitu pelatihan manajemen dan persiapan akses pasar. Pelatihan ini mencakup sumber daya manusia, produk, serta tata kelola usaha.

“Kemudian kita bantu dari sisi permodalan. Kami siapkan 5.000 bantuan modal per tahun,” ujar Marlin.

Sedangkan untuk pemasaran, Ansar-Marlin akan programkan kerja sama dengan asosiasi UMKM negara tetangga. Tujuannya supaya produk UMKM Kepri dipasarkan lebih luas.

“Di pemasaran ini juga kita dorong untuk Go Digital. Itu penting. Kita akan rekrut relawan untuk digitalisasi produk UMKM Kepri ini. Rencananya ada 300 relawan yang kita rekrut. Kita pasti bisa karena anak Batam, anak Kepri ini hebat-hebat semua soal digital,” ungkapnya.

Pembinaan UMKM ini bukanlah hal baru bagi Marlin. Saat menjabat sebagai Ketua Dekranasda Kota Batam, sedikitnya 270 UMKM yang telah ia bina. Satu di antaranya yang berkembang adalah UMKM batik Batam.(*/r)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN