Hari Sumpah Pemuda Ditengah Pandemi Covid-19, Kamaludin Ingin Pemuda Harus Kreatif Dan Inovatif

218
Hari Sumpah Pemuda Ditengah Pandemi Covid-19, Kamaludin Ingin Pemuda Harus Kreatif Dan Inovatif
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan tahun ini merupakan peringatan ke-92. Namun peringatan hari Sumpah Pemuda Tahun ini sedikit berbeda dengan Tahun sebelumnya karena dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 ini mengusung tema ” Bersatu dan Bangkit “.

Seperti yang diungkapkan Wakil ketua I DPRD Batam Muhammad Kamaludin. Menurutnya, banyak pandangan yang datang dari berbagai kalangan tentang makna sumpah pemuda ditengah pandemi covid-19 tahun ini.

“Hari sumpah pemuda tahun ini ditengah pandemi Covid-19 semacam bentuk sekolah, artinya jadikan pelajaran yang berharga bagi kita semua khususnya bagi pemuda dan harus pandai mengambil hikmah yang bisa memaknai kenapa harus ada musibah sebesar ini,”ungkap M. Kamaludin Rabu (28/10/2020) di seputaran Bengkong.

Ia menyebutkan pemuda haarus pandai memaknai dan mengambil hikmahnya, bagaimana tetap beraktivitas dan berkreativitas, karena itulah jati diri pemuda harus kreatif, harus inovatif dengan memaknai arti sekolah pandemi ini.

“Mau tidak mau harus dilalui, suka tidak suka harus diterima dan mengambil hikmah nya,”sebutnya.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Lanjut Kamal, hikmah terbaik adalah kita sebagai pemuda harus pandai berkomunikasi secara virtual, tetapi juga harus pandai memfilter berita dan informasi-informasi yang Masuk.

“Karena kalau tidak pandai memfilter itu, pemuda akan menjadi objek saja. Tidak menjadi subyek. Sementara peran pemuda harus menjadi subyek, Kita yang pegang remotnya, Kita yang pegang kendali, Itu lah pemuda,”lanjutnya.

Kamal menuturkan, untuk memajukan perekonomian ditengah keterpurukan saat ini, langkah yang bisa dilakukan para pemuda adalah bagaimana membuat inovasi-inovasi atau ide-ide yang baru.

“Pemuda harus banyak berinovasi ,harus banyak berkreasi dengan mudahnya fasilitas dan teknologi saat sekarang ini,”tutur politisi Nasdem ini.

Untuk itu ia berpesan jadikan pandemi Covid-19 ini sebagai daya sekolah, kita harus menyadari bahwa ada yang maha kuasa diatas kita. Disisi yang lain kita diberi kemudahan baik teknologi, inovasi dan lain lain.

Ini juga ada jeratan jeratan bagaimana kita bisa masuk dengan mudah dalam penyebaran hoax lah, tidak bisa memfilter berita,tidak bisa memfilter informasi dan itu menurut saya adalah tantangan yang dihadapi oleh pemuda saat sekarang ini,”pungkasnya.(*)

Taufik Chaniago

Komentar Anda

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN