KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19

731
KPU Karimun Gelar Simulasi Pemungutan Suara dengan Menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Eko Purwandoko, beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun mengikuti simulasi pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 Sabtu (21/11/2020).

Dalam sambutannya, Eko menyampaikan beberapa hal penting dalam pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020, yang diselenggarakan pada 9 Desember mendatang, yang akan dilakukan pemungutan suara dengan regulasi baru dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Sehingga dengan dilaksanakannya simulasi ini, akan menjadi tahapan pada sosialisasi untuk pelaksanaan Pilkada kepada masyarakat,” terang Eko di lapangan Alur Jongkong, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Eko menambahkan, KPU Karimun sendiri telah memastikan bahwa, protokol kesehatan COVID-19 dapat diimplementasikan baik oleh penyelenggara KPU maupun oleh masyarakat. Diantaranya yakni saat berada di TPS harus menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu terdapat ketentuan lainnya seperti tidak datang di waktu yang sama, guna menghindari kerumunan.

“Seluruh pihak harus terlibat dalam penerapan protokol kesehatan COVID-19, dalam rangka pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020,” tandasnya.

Sehingga Eko berharap pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, dapat berjalan sukses, selain PPK dan PPS harus bekerja sama dengan baik, pihaknya menghimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“KPU akan mengikuti regulasi yang ada dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh tim Gugus tugas, oleh karena itu pelaksanaan Pilkada akan berjalan dengan lancar dan sukses, sekaligus kita akan selamat dan sehat terhindar dari COVID-19,” ungkapnya

Pada simulasi tersebut merupakan praktek lapangan dari program bimtek (Bimbingan Teknis). Dimana KPU sendiri telah memberikan sosialisasi kepada seluruh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Karimun.

Hal ini merupakan orientasi tugas PPK dan PPS dan metode sosialisasi, pemutahiran data pemilih, verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.(*)

Reporter Aziz Maulana

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel