Pengembangan Pencak Silat, PSNU Pagar Nusa Bintan Resmikan Tempat Latihan di Lobam

289
Pengembangan Pencak Silat
Pengembangan Pencak Silat, PSNU Pagar Nusa Bintan Resmikan Tempat Latihan di Lobam

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Dalam menumbuhkembangkan Perguruan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU), Pagar Nusa membuka tempat latihan baru di Lapangan Volley Lobam Mas Asri Seri Kuala Lobam, Minggu (24/7/2022).

Dalam acara peresmiannya PSNU menyanyikan yel-yel kebesarannya, adapun bunyi yel-yel tersebut, “Pagar Nusa Pendekar Bangsa, Pagar Nusa Benteng Ulama, “Lahir dari Nahdlatul Ulama, Untuk Agama Bangsa dan Negara. “La Gholiba Illa Billah, kami adalah pelindung bangsa, la Gholiba Illa Billah, kami adalah kesatria.

Itulah bait bait Mars Pagar Nusa yang di nyanyikan bersama pada peresmian tempat latihan baru Perguruan silat Pagar Nusa.

Untuk mengembangkan seni, budaya, tradisi olahraga silat Pagar Nusa siap menjadi wadah untuk menyatukan sejumlah perguruan silat di bawah naungan Nahdlatul Ulama.

Perguruan Silat yang di dirikan oleh KH. Abdullah Maksum pada Tahun 1986 dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Tengah ini terbentuk di Kabupaten Bintan sejak 2003, dan buka cabang di Lobam.

Azman Ketua Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Cabang Bintan menyampaikan bahwa Silat sudah menjadi pendidikan ektra kurikuler sekolah, bisa menjadi insan yang tangguh dan ikut dalam pertandingan dalam event olah raga.

“Semoga Pagar Nusa ini mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah dimasa mendatang,” harapnya.

Dewan Pembina PSNU Pagar Nusa Drs. Khazalik yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, hadir dan meresmikan tempat latihan baru di Lobam.

Dalam penyampaianya ia mengatakan, apa yang sudah dirintis sesepuh kita terdahulu harus dijaga dan terus di tumbuhkembangkan, bahkan Khazalik berjanji dengan segala kemampuan akan terus membantu sepenuh hati.

Begitupula ia berpesan, agar tetap menjaga rasa kekeluargaan, agar terus akur dan solid dalam membangun Perguruan Silat Pagar Nusa ini, sehingga kedepan para santri peserta perguruan silat ini semakin bertambah di masa mendatang.

Acara pembukaan tempat Latihan baru ini di isi dengan Shalawatan, Atraksi Silat juga di hadiri tokoh NU, Banser dan masyarakat setempat. (*)

Pengirim: Agus Ginting.

Honda Capella

FANINDO