Ini Sasaran TMMD Ke-114 Telan Biaya Rp 2,4 Miliar, Rafiq: TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI

Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq meninjau langsung kegiatan TMMD ke-114 tahun 2022, di Desa Selat Mendaun dan Desa Parit.(Foto : Aman)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Karimun mendampingi Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, membuka langsung pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022.

Pada pelaksanaan kegiatan dengan mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” tersebut, dipusatkan pada pelabuhan Puan Sri Maimun, RT 02, RW 02 Desa Selat Mendaun, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam pelaksanaan TMMD ke-114 tahun 2022 ini melibatkan personil TNI dan Polri, masyarakat, LSM, Ormas, Mahasiswa, dan FKPPI, yang dilaksanakan sejak tanggal 26 Juli hingga 24 Agustus 2022.

Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Yudi Yulistyanto menjelaskan bahwa, program TMMD ini merupakan kegiatan lintas sektoral dengan pelbagai Stakeholder, Lembaga Pemerintah Non Kementerian serta komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong.

“Bukan hanya TNI Angkatan Darat saja saja, akan tetapi seluruh Stakeholder beserta rakyat demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” terang Jenderal bintang satu lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 ini, Selasa (26/7/2022).

Brigjen Yudi pun mengajak para Stakeholder untuk mendukung sekaligus berkontribusi, baik fisik maupun non fisik untuk menyukseskan tugas mulia tersebut.

“Mewarisi perintah dan mandat Jenderal M Jusuf, dengan pembangunan yang kreatif, inovatif, dan konstruktif guna mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD,” paparnya.

Sehingga kata Brigjen Yudi program TMMD ini betul-betul langsung dapat dirasakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat.

“Tercipta hubungan emosional kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat, mampu mewujudkan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat yang benar-benar hakiki,” pungkasnya.

Semetara itu, pada kesempatan yang sama Bupati Karimun Aunur Rafiq mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kepada Korem 033/WP beserta Kodim 0317/TBK, yang telah banyak membantu masyarakat Bumi Berazam.

“Pelaksanaan TMMD ke-114 ini masih relevan, dengan keinginan masyarakat yang rutin dilaksanakan setiap tahun,” ungkap Bupati.

Bupati menyebut, meskipun dengan anggaran yang terbatas, yakni dari Pemkab Karimun Rp 2 miliar dan dibantu dari Korem Rp 400 juta, akan tetapi manfaatnya sangat besar bagi masyarakat.

“Mensinergikan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, sekaligus meningkatkan semangat kegotongroyongan,” ujar Bupati.

Pelaksanaan program TMMD terbagi dalam kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik berupa pembukaan jalan (semenisasi) pelabuhan Puan Sri Maimun, RT 02, RW 02, 130 meter X 6 meter.

Selanjutnya semenisasi Gang Masjid RT 03, RW 01, dengan ukuran 430 meter X 4 meter. Dilanjutkan dengan Perehaban Rumah Tidak Layak Huni (PRTLH) di Desa Selat Mendaun, 6 unit rumah dan di Desa Parit 4 unit rumah.

Tidak hanya itu saja, pelaksanaan kegiatan Fisik lainnya yakni pembangunan 10 unit jamban di Desa Selat Mendaun, dan 10 jamban di Desa Parit.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan Non Fisik meliputi penyuluhan wawasan bela Negara, penyuluhan pemahaman bahaya narkoba, penyuluhan pemahaman bahaya terorisme dan radikalisme, penyuluhan pemahaman pendidikan, lingkungan hidup, penyuluhan pemahaman Kamtibmas, pelayanan kesehatan, KB dan Posyandu.(Aman)

FANINDO

Honda Capella