Sudahkah Anda Tahu Apa itu Rapor Pendidikan dan Cara Mengaksesnya?

Rapor Pendidikan
Rapor Pendidikan

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan platform Rapor Pendidikan Indonesia. Sudahkah Anda mengetahui apa itu Rapor Pendidikan?

Platform Rapor Pendidikan merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-19. Platform ini menampilkan data kualitas satuan pendidikan atau daerah yang didapatkan dari berbagai asesmen dan survei nasional. Kehadiran Rapor Pendidikan untuk menyempurnakan rapor mutu sebelumnya.

Dengan menggunakan platform ini, satuan pendidikan tidak perlu melakukan pengisian data ke aplikasi, data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang ada, meliputi data Dapodik, SIMPKB, AN, BPS dan sumber lainnya yang relevan.

Keuntungan Menggunakan Rapor Pendidikan

Mengutip dari Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia, ada beberapa keuntungan menggunakan platform Rapor Pendidikan, yakni sebagai berikut:

– Dapat dijadikan sebagai dasar analisis, perencanaan dan tindaklanjut peningkatan kualitas pendidikan.
– Menjadi satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional.
– Alat ukur berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar sebagai output.
– Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara menyeluruh, mulai dari evaluasi internal dan eksternal.
– Sumber data objektif dan andal, sebab laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.

Menyajikan data terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu lagi menggunakan aplikasi lain sehingga dapat meringankan beban administrasi.

BACA JUGA Kepri Kekurangan Politisi Kritis

Siapa yang Boleh Akses Rapor Pendidikan?

Platform ini hanya bisa diakses oleh kepala dan operator satuan pendidikan serta pejabat dinas yang ditunjuk. Jelas bahwa pelajar tidak bisa mengakses platform yang dilundurkan Kemendikbudristek ini.

Untuk sementara, tenaga pendidik, satuan pendidikan dan kantor wilayah dibawah Kementerian Agama, Satuan Pendidikan Satu Atap (SLB Satu Atap dan PKBM Satu Atap) belum bisa mengakses platform ini.

Kepala atau operator satuan pendidikan bisa mengakses platform inin dan menjadikannya sebagai acuan sebelum melakukan perencanaan anggaran tahunan satuan pendidikan.

Selain itu, Rapor Pendidikan juga bisa diunduh dalam bentuk laporan berkas Excel. Tentu ini akan memudahkan satuan pendidikan dalam memeriksa dan menganalisis isi dari platform.

Cara Akses Rapor Pendidikan

Berikut ini panduan atau cara mengakses Rapor Pendidikan.

1. Buka situs https://www.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/
2. Klik ‘Masuk sebagai Satuan/Dinas Pendidikan’
3. Pilih akun Google dengan alamat email yang memiliki akhir @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id
4. Selanjutnya masukkan kata sandi Anda

Kesulitan Mengakses Rapor Pendidikan

Jika Anda mengalami kendala saat masuk ke platform Rapor Pendidikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

– Pastikan akun Belajar.id yang Anda pilih berakhiran @dinas.belajar.id, @admin.jenjang.belajar.id atau @guru.jenjang.belajar.id
– Periksa status akun Belajar.id milik Anda, pastikan akun tersebut aktif dan sudah terdaftar agar bisa mengakses Rapor Pendidikan
– Jika sudah memeriksa dua poin di atas namun masih belum bisa masuk, hubungi layanan Bantuan Rapor Pendidikan dengan klik tombol Hubungi Kami di bagian bawah halaman utama platform Rapor Pendidikan.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Rapor Pendidikan dan bagaimana cara mengaksesnya. Semoga bermanfaat! (*)

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO

Honda Capella