Pemda Anambas dan Kementrian Agraria Tata Ruang RI Laksanakan Ranperda tentang RTRW

Kabupaten Anambas Laksanakan Ranperda RTRW
Kabupaten Anambas Laksanakan Ranperda RTRW

HARRIS BARELANG

ANAMBAS – pemerintah kabupaten kepulauan anambas bersama kementerian agraria tata ruang republik indonesia laksanakan rapat koordinasi lintas sektor ulang terbatas dalam rangka pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang rencana tata ruang wilayah atau rtrw kabupaten kepulauan anambas tahun dua ribu dua puluh dua – dua ribu dua puluh empat, Senin(28/11/2022) di hotel Aston Batam.

rapat koordinasi tersebut di buka secara langsung oleh wakil bupati kepulauan anambas wan zuhendra di aula hotel aston kota batam, di dampingi oleh staf ahli kementerian ATR/BPN bidang pengembangan wilayah republik indonesia dwi hariyawan dan di hadiri oleh kepala dinas Pupr, kepala dinas DPPP, kepala dinas Bappeda, kasubag DPMPTSP, Dishub-lh, kepala BPN, Asisten dan DPRD Anambas serta perwakilan dari Provinsi Kepri.

rapat rtrw tersebut dilaksanakan berdasarkan surat bupati kepulauan anambas nomor lima kosong enam garing kdh titik kka titik enam tujuh lima garing sebelas titik dua puluh tahun dua ribu dua puluh dua pada tanggal lima belas november tentang permohonan persetujuan subtansi rancangan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah kabupaten kepulauan anambas tahun dua ribu dua puluh dua -dua ribu dua puluh empat.

serta memperhatikan peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor sebelas tahun dua ribu dua satu tentang tata cara penyusunan, peninjauan kembali, revisi dan penerbitan persetujuan substansi rencana tata ruang wilayah provinsi, kabupaten dan kota.

dalam pembahasan tersebut isu strategis juga di bahas dalam rapat koordinasi, yang disampaikan oleh perwakilan dari wilhan kemenhan ri kolonel rekso tentang perairan kepulauan Anambas merupakan wilayah latihan kapal selam setelah bali, dimana diketahui bahwa wilayah latihan kapal selam di indonesia hanya memiliki dua lokasi yaitu di perairan malang biru anambas dan ke dua di perairan bali.

sementara itu staf ahli kementerian ATR/BPN RI, Rwi Hariyawan mengatakan, bahwa pembahasan tersebut seharusnya di laksanakan pada tahun dua ribu dua puluh satu namun karena pandemi pihaknya baru bisa melaksanakannya.

“Untuk kawasan perairan sepenuhnya berada pada provinsi kepulauan riau, mengenai lokasi wilayah latihan kapal selam di anambas juga sudah menjadi kewenangan provinsi dan tadi sudah disampaikan bahwa lokasi tersebut sudah di masukkan dalam rtrw provinsi Kepri,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra saat di konfirmasi mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana kegiatan rapat tentang ranperda dan rtrw merupakan rapat yang menentukan batas batas wilayah demi kesejahteraan masyarakat anambas.

Kiriman: rama

FANINDO

Honda Capella