Lolos 16 Besar, Berikut Profil Tim Senegal “Lions of Teranga” di Piala Dunia 2022

Tim Senegal Piala Dunia
Tim Senegal Piala Dunia

HARRIS BARELANG

PIALA DUNIA – Langkah Tim Senegal di Piala Dunia 2022 per 30 November 2022, telah berhasil menembus 16 besar. Senegal menempati urutan kedua dibawah Belanda dan menyingkirkan tim Ecuador dan tuan rumah Qatar fase Grup A.

Senegal tercatat sebagai peserta Piala Dunia 2022 dari Konfederasi Sepak Bola Asia (CAF). Berikut profil Senegal di Piala Dunia 2022.

Federasi Sepak Bola Senegal (FSF) dibentuk pada 1960 atau di tahun yang sama meraih kemerdekaan. Senegal menjajaki berbagai tahapan turnamen dari level benua hingga dunia.

Senegal mencatat debut di Piala Dunia pada 2002 dan langsung memberi kejutan saat mengalahkan Prancis 1-0 di laga pembuka. Senegal juga menahan imbang Denmark dan Uruguay.

BACA JUGA Grup A, Qatar Kalah 0-2, Belanda Lolos 16 Besar, Tapi Van Gaal “Tidak Peduli”

Tak berhenti sampai di sana, Senegal bahkan berhasil lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2002 setelah menumbangkan Swedia pada 16 besar. Langkah Senegal terhenti usai kalah dari Turki.

Menjadi kuda hitam di 2002, Senegal tidak lolos di tiga edisi berikutnya yaitu Piala Dunia pada 2006, 2010, dan 2014. Mereka kembali tampil di Piala Dunia 2018 dan terhenti di babak penyisihan.

Kembali tampil di benua Asia, Senegal bisa saja kembali menjadi negara yang mengguncang persaingan pada pesta sepak bola empat tahunan.

Senegal sedang berada di atas angin usai menjuarai Piala Afrika 2021 sehingga Piala Dunia 2022 menjadi ajang pembuktian Kalidou Koulibally dan kawan-kawan.

Langkah Senegal menuju Qatar tergolong cukup mulus. Setelah menjadi juara Grup H dengan mengemas lima kemenangan dan sekali seri, Senegal bertemu Mesir pada babak ketiga Kualifikasi. Adu penalti jadi penentu skuad Lions of Teranga melangkah ke Piala Dunia 2022.

Pemain Bintang

Sadio Mane hingga kini masih dalam tahap pemulihan cedera. Kendati demikian pemain Bayern Munchen itu tetap didaftarkan untuk Piala Dunia 2022.

Mane diprediksi bakal menjadi sorotan di Piala Dunia 2022. Eks penyerang Liverpool itu sudah membukukan 33 gol dari 91 penampilan sekaligus berstatus top skor sepanjang masa timnas Senegal.

Pelatih

Sejak 2015 timnas Senegal dilatih oleh Aliou Cisse. Mantan kapten Senegal itu mengawali debut kepelatihan saat menangani timnas Senegal U-23 pada 2013.

Skuad Sinegal di Piala Dunia 2022

Kiper: Edouard Mendy, Alfred Gomis, Seny Dieng.

Belakang: Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Youssouf Sabaly, Fode Ballo-Toure, Pape Abdou Cisse, Ismail Jakobs, Formose Mendy.

Tengah: Idrissa Gueye, Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Krepin Diatta, Pape Gueye, Pape Matar Sarr, Pathe Ciss, Moustapha Name, Loum Ndiaye.

Depan: Sadio Mane, Ismaila Sarr, Boulaye Dia, Bamba Dieng, Famara Diedhiou, Nicolas Jackson, Iliman Ndiaye

Artikel CNN Indonesia

FANINDO

Honda Capella