UMKM atas HAKI Karimun Masih Rendah, Anwar: Legalitas Dan Regulasi Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Koperasi dan UKM, melaksanakan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Sertifikat Halal Produk UMKM.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Koperasi dan UKM, melaksanakan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Sertifikat Halal Produk UMKM.

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim menyebut, perlunya ditanamkan kesadaran kepada para pelaku usaha mengenai HAKI dan Sertifikat Halal Produk.

“Kesadaran pelaku UMKM atas HAKI di Kabupaten Karimun masih rendah, tidak sedikit ditemukan para pelaku UMKM kurang memperhatikan aspek legalitas maupun regulasi untuk meningkatkan potensi ekonomi kreatif,” tegas Anwar, saat memberikan arahan kepada ratusan pelaku UMKM di gedung Nilam Sari, Senin (12/12/2022).

Untuk itu, kata Wabup salah satunya dengan memberi pemahaman untuk melabelkan HAKI pada produknya. Baik itu merek, hak cipta, maupun desain industri.

“Dengan melabelkan HAKI pada produknya, kita dapat merasakan manfaat untuk masyarakat yang ingin mendapatkan produk lokal yang bersertifikasi halal dalam urusan keagamaan,” paparnya.

Kendati demikian, Wakil Bupati mengapresiasi kepada seluruh peserta sosialisasi halal dan HAKI, yang telah mampu meningkatkan produksi.

“Mampu bersama-sama mengembangkan pelaku usaha mikro untuk meningkatkan produksi, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karimun,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Anwar guna mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta halal dan HAKI, dalam memberikan motivasi serta keunggulan prioritas suatu produk yang dikembangkan.

“Sosialisasi ini guna mendapatkan pembekalan ilmu pengetahuan serta memberikan pendidikan bagi para peserta halal dan HAKI yang berkesinambungan, hingga tuntas,” pungkasnya.

Untuk itu menurutnya, para peserta sosialisasi ini diharapkan mampu bertambah, hingga mencapai 6000 orang peserta.

“Dari tahun 2021 hingga 2022, diusulkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karimun,” beber Anwar.

Untuk HAKI sendiri kata Anwar, memiliki fungsi yang sangat penting bagi para pelaku UMKM, sebagai perlindungan hukum serta legalitas.

“Tentunya mencegah pelanggaran HAKI itu sendiri. Begitupula dengan label atau sertifikat halal tersebut,” ucap Anwar.

“Pemerintah Kabupaten Karimun sendiri sangat mendukung serta mempermudah bagi para pelaku UMKM, untuk berkembang dalam hal produktif demi mensejahterakan masyarakat Bumi Berazam,” tandasnya.(Aman/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG