Kompol Suwitnyo Redam Perselisihan antar TKBM di Pelabuhan Kota Segara Tanjunguban

Kompol Suwitnyo Redam Perselisihan antar TKBM di Pelabuhan Kota Segara Tanjunguban
Kompol Suwitnyo Redam Perselisihan antar TKBM di Pelabuhan Kota Segara Tanjunguban

BINTAN – Kapolsek Bintan Utara Kompol Suwitnyo bersama dengan Bhabinkamtibmas Aipda Amrizal dan Panit Intel Iptu Indervi menyelesaikan permasalahan sesama buruh bongkar muat di pelabuhan kota Segara Kampung Mentigi Tanjung Uban pada hari Rabu (1/3/2023).

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M. menjelaskan melalui Kapolsek Bintan Utara mengatakan, bahwa pihaknya telah menyelesaikan permasalahan antar sesama kelompok buruh bongkar muat.

Kompol Suwitnyo menjelaskan bahwa dipelabuhan tersebut terdapat 2 kelompok Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang telah diatur pekerjaannya dalam bongkar muat barang oleh pengelola pelabuhan.

Namun salah satu kelompok TKBM yang tidak mengetahui pengaturan tersebut akan mengambil alih pembongkaran barang dari sebuah kapal sehingga terjadi perselisihan dan ketegangan antar kedua kelompok tersebut.

“Terjadinya keributan antar TKBM, Sehingga dibatalkan pembongkaran barang pada hari Selasa kemaren, “terang Kapolsek Binut.

Menurut pengakuan Kompol Suwitnyo, Informasi adanya perselisihan kedua kelompok TKBM tersebut didapat dari masyarakat, dan terus terjun langsung ke pelabuhan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA KPLP Kelas II Tanjunguban Sosialisasi Keselamatan Pelayaran dan Serahkan 50 Life Jacket Ke Nelayan Tradisional

Selanjutnya, Suwitnyo memediasi kedua kelompok tersebut dengan menghadirkan unsur pengelola yang ada di pelabuhan Kota Segara, Kampung Mentigi, Tanjung Uban, antara lain dari Supervisor PT. Pelabuhan Kepri (Perseroda)/ Badan Usaha Pelabuhan Kota Segara, Perusahaan Bongkar Muat/PBM PT. Tuah Bainaura Perkasa dan UPT Wilayah III Tg. Pinang-Bintan serta Dishub Prov. Kepri.

Dari pantauan, mediasi dan perundingan yang di prakarsai Kompol Suwitnyo dapat diterima oleh kedua kelompok TKBM yang bertikai, sehingga aktifitas bongkar muat di pelabuhan tersebut mulai hari ini sudah berjalan normal seperti biasa.

Kapolres Bintan AKBP Ryki Iswoyo, S.I.K., M.M menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bintan, agar bersama-sama menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif disemua unsur, karena Kamtibmas yang kondusif merupakan kunci kesuksesan disemua aktifitas baik sebagai buruh, tukang ojek bahkan aparat ASN.

“Mari kita menjaga Kamtibmas, sebab semunya menginginkan Kamtibmas yang kondusif sehingga roda perekonomian di Bintan dapat berjalan dengan lancar, “harap Kapolres Bintan AKBP Ryki Iswoyo, S.I.K., M.M.

Pengirim: Agus Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG