Bupati Hamsuardi Hadiri Peresmian Dan Pengukuhan Pengurus Pondok Qur’an Kecamatan Kinali Periode 2023-2026



WARTAKEPRI.co.id, Pasbar-Pengurus Pondok Qur’an Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Periode 2023-2026 resmi dikukuhkan, Rabu (30/8) di Aula Sayang Tak Sudah Kantor Camat Kinali. Pengukuhan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi stakeholder terkait. Selain menghadiri pengukuhan, Bupati Hamsuardi selanjutnya meresmikan Pondok Quraan yang berlokasi di Bateh Uba, Nagari Langgam Sepakat, Kecamatan Kinali.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi mengucapkan selamat kepada Pengurus Pondok Qur’an Kecamatan Kinali Periode 2023-2026 yang telah dikukuhkan oleh Camat Kecamatan Kinali. Sesuai tugas lanjutnya, pengurus Pondok Qur’an harus melakukan pembinaan dan pengembangan ilmu Al-Qur’an di Kecamatan Kinali. Selain itu, mewujudkan pemahaman penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an di dalam masyarakat.

“Setelah pemekaran, Kinali ini terdiri dari 17 nagari 1 kecamatan. Kinali ini sangat luas dan padat penduduknya, harapan kita semua pihak aktif dan semangat saling mendukung. Atas nama Pemda Pasbar kami ucapkan terima kasih kepada Camat Kinali yang telah mendukung visi misi bupati dengan mengukuhkan Pondok Al-Qur’an di Kecamatan Kinali ini,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, generasi saat ini harus dibina dan dibenahi. Salah satu upaya Pemda Pasbar yaitu dengan membuat program di bidang keagamaan diantaranya Magrib Mengaji dan Tahfidz Al-Qur’an. Ia meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat menciptakan generasi penerus Pasbar yang dapat membaca dan memahami Al-Qur’an.

Disamping itu, Camat Kinali Saparuddin mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan, dalam mendukung kegiatan keagamaan di Kecamatan Kinali. Amanah ini lanjutnya, mohon tanamkan sebagai tugas mulia menjadi bekal yang akan dibawa hingga akhirat kelak.

“Harapannya, generasi muda dan khafilah MTQ kita yang pernah juara umum kembali bangkit. Setelah kita SKkan, mohon jadikan pondok Qur’an ini sebagai pondok Qur’an yang dapat bersaing bukan hanya level kabupaten tapi provinsi hingga nasional. Selain itu pengurus sebagai Training of Trainer, seksi atau bidang pelatih yang dapat melatih guru TPA sehingga Tahfidz Al-Qur’an membumi di Pasbar khususnya Kecamatan Kinali,” tangkasnya.

Bidang-bidang pembinaan di Pondok Qur’an Kecamatan Kinali diantaranya Bidang Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzhil Qur’an, Khattil Qur’an, Kitab Standar, Syarhil Qur’an, Khutbah Jumat serta Fahmil Qur’an(*/r)

Kiriman: Taufik Chaniago

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News