KLC, Pertama di Karimun, Edukasi Terapkan Metode Montessori

Grand Opening 'Karimun Learning Center '.(Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Emak-emak, khususnya yang ada di Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau mungkin masih asing dengan yang namanya Metode Montessori.

Montessori sendiri, merupakan metode pendidikan yang berbeda dengan sistem pendidikan reguler pada umumnya.

Metode Montessori merupakan metode pendidikan anak usia dini. Montessori tersebut dirancang untuk mempersiapkan individu yang cerdas dan kreatif serta mandiri.

PKP EXPO

Metode Montessori tersebut ditemukan pertama kalinya oleh Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik asal Roma, Italia.

Nah, di Tanjungbalai Karimun sendiri sekarang ini sudah ada loh tempat Montessori dan merupakan satu-satunya di Bumi Berazam, namanya ‘Karimun Learning Center’, letaknya di Jalan Raja Oesman nomor 5 dan 6, ruko Batu Lipai, Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

Owner ‘Karimun Learning Center’, Athink menjelaskan, Montessori merupakan metode pembelajaran yang membebaskan anak untuk memilih aktivitas sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Metode ini dapat memberikan banyak dampak positif dalam tumbuh kembang anak, misalnya anak lebih percaya diri dan mandiri,” terang Athink, Kamis (23/5/2024).

Athink mengungkapkan, metode Montessori sendiri menekankan pada lima pola, yakni diantaranya bahasa, keterampilan hidup (practical life), matematika (berhitung) dan budaya serta sensori.

“Sehingga metode tersebut mampu mengembangkan potensi anak dengan cara mengeksplorasi pelbagai kegiatan,” sebut Athink.

Kegiatan pembelajaran tersebut, masih kata Athink nantinya akan disesuaikan dengan minat dan bakat anak. Dengan harapan nantinya anak dapat lebih siap menghadapi dunia luar.

“Membebaskan anak-anak untuk memilih apa yang diinginkan oleh mereka untuk dipelajari, sesuai dengan tujuan dari metode montessori itu sendiri, yaitu agar anak-anak mampu meraih potensinya dalam kehidupan,” paparnya.

‘Karimun Learning Center ‘, dengan metode Montessori, memberikan banyak dampak positif dalam tumbuh kembang anak, misalnya anak lebih percaya diri dan mandiri.(Foto: Istimewa)

Athink menambahkan, Play School dengan metode Montessori, fokus pada anak dengan lingkungan yang telah dipersiapkan serta pembelajaran yang hands on activity.

“Sehingga menjadikan anak lebih mandiri dan percaya diri, motivasi belajar yang tinggi, mengembangkan seluruh potensi anak hingga anak dapat menghargai dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya,” beber Athink.

Tidak hanya itu saja, kata Athink, Play School ‘Karimun Learning Center’ juga menerapkan konsep metode Sugaku Sempoa Math, yakni sempoa teknik dua tangan yang diaplikasikan langsung ke matematika sehingga membantu pelajaran matematika anak di sekolah.

“Dengan keunggulan metode lebih mudah, cepat dan akurat, mengembangkan rasa percaya diri pada anak, mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah hingga melatih mental anak,” sebut Athink.

Tidak hanya itu saja, konsep metode Sugaku Sempoa Math, masih kata Athink juga mampu melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, meningkatkan kemampuan mendengar konsentrasi serta daya ingat dan disiplin.

“Secara umum, mampu memberikan dampak positif pada perkembangan otak anak,” tandasnya.

Untuk itu pihaknya menawarkan Pendidikan Montessori untuk bayi dan balita usia 1- hingga 3 tahun dan anak usia dini, yakni usia 3 hingga 6 tahun.

Tunggu apa lagi, segera daftarkan buah hati anda pada lembaga pendidikan yang dipercaya dan mumpuni, di Play School ‘Karimun Learning Center’, atau menghubungi nomor telepon 081371205282.(Aman)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24