Pemerintah Siapkan 2.000 Formasi CPNS Khusus untuk Putra/Putri Kalimantan di Ibu Kota Nusantara

Pemerintah Siapkan 2.000 Formasi CPNS Khusus untuk Putra/Putri Kalimantan di Ibu Kota Nusantara
MenPANRB Abdulah Azwar Anas mengumumkan adanya 2.000 formasi CPNS untuk putra-putri Kalimantan di IKN (ilustrasi)

BATAM – Kabar mengenai pembukaan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di bulan Juli ini akhirnya terkuak. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan adanya mengenai formasi khusus CPNS untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut Abdullah Azwar Anas, pemerintah telah menetapkan formasi khusus yang akan ditempatkan di IKN dalam rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan pada hari Senin lalu.

Tahun 2024 ini, tersedia sebanyak 130.341 formasi CPNS di berbagai instansi pemerintah pusat. Termasuk 600 formasi khusus untuk Otorita IKN dan 40.021 formasi untuk kementerian/lembaga yang akan beroperasi di IKN.

KPU KEPRI

“Dalam alokasi ini, pemerintah memberikan afirmasi sebesar 5 persen untuk putra/putri terbaik Kalimantan dari total 40.021 formasi CPNS di IKN,” ujar Azwar seperti dikutip tempo, Senin (8/7/2024).

Hal ini berarti ada 2.000 posisi yang secara khusus diperuntukkan bagi fresh graduate dari Kalimantan dalam seleksi CPNS di IKN. Proses penerimaan untuk formasi ini direncanakan akan dibuka mulai bulan Juli hingga Agustus.

Selain alokasi formasi khusus, pemerintah juga sedang menyiapkan skenario pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta ke IKN secara bertahap. Azwar menegaskan bahwa mutasi ASN dari pemerintah daerah sekitar Kalimantan akan melalui seleksi terbuka dan kompetitif.

“Tujuan dari mutasi ini adalah untuk memastikan bahwa ASN yang pindah atau dimutasi memiliki kualifikasi tinggi, kemampuan digital yang baik, dan mampu beradaptasi dengan sistem pemerintahan elektronik,” tambah Azwar.

Langkah ini merupakan bagian dari persiapan pemerintah dalam memastikan transisi ke IKN berjalan lancar dan diisi oleh sumber daya manusia yang kompeten, yang siap menghadapi tantangan era digital dalam pemerintahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO