Posisi Tidur yang harus anda ketahui agar tidak berdampak pada Kesehatan





WARTAKEPRI.co.id – Posisi tidur yang menjadi kebiasaan kita ternyata bisa berdampak serius pada kesehatan, bahkan meningkatkan risiko penyakit tertentu. Lalu bagaimana posisi tidur yang sehat agar tidak berpengaruh pada kesehatan ? Menyamping, di punggung atau telungkup di perut ? Berikut adalah  posisi tidur paling umum dan bagaimana pengaruhnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh yang perlu kita ketahui :

1. Tidur telentang

Posisi tidur ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga kecantikan. Tidur telentang akan mencegah kulit wajah bergesekan dengan bantal sehingga risiko keriput bisa ditekan.

Kekurangannya adalah rentan mengorok. Hal ini terjadi karena pengaruh gravitasi di saluran napas atas.

2. Tidur tengkurap

Orang yang tidurnya terbiasa tengkurap dipercaya lebih jarang mengalami mimpi buruk. Namun, posisi ini membuat kita rentan sakit punggung dan pegal-pegal setelah bangun.

3. Menghadap kanan

Posisi tidur ini bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Para ahli mengatakan, tidur menghadap kanan membantu membersihkan produk buangan dari otak sehingga mencegah perkembangan penyakit saraf.

Kekurangan dari posisi tidur ini adalah bisa membuat kita merasa lemas dan uring-uringan saat bangun tidur. Selain itu, peneliti dari Selandia Baru menyebutkan, ibu hamil yang tidur menghadap ke kanan mengalami gangguan sirkulasi darah sehingga berefek negatif pada bayi.

4. Menghadap kiri

Tidur menghadap ke arah kiri dipercaya berdampak positif bagi sirkulasi darah, mencegah nyeri punggung, dan mengurangi gejala heartburn (rasa panas di dada). Posisi tidur seperti ini juga bisa membantu meringankan kerja jantung saat kita tertidur.

Tetapi posisi tidur tersebut membuat seseorang rentan mengalami mimpi buruk. Hasil survei menunjukkan, 41 persen orang yang tidur menghadap kiri mengalami mimpi buruk. (internet)

 



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI