4 Penyebab Rasa Sakit dan Nyeri Pada Payudara

62

WARTAKEPRI.co.id – Salah satu bagian tubuh dari wanita yang sangat perlu dijaga kesehatan juga kecantikannya adalah payudara. Ya, payudara merupakan salah satu aset terpenting pada tubuh wanita yang jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Namun, meski sudah dijaga dengan sangat baik, tidak jarang payudara terasa sakit dan nyeri.

Tapi Anda tak perlu khawatir, tidak semua nyeri di payudara adalah tanda-tanda dari adanya penyakit kanker payudara. Dilansir dari laman prevention.com, ada banyak hal yang bisa menyebabkan payudara menjadi sakit dan nyeri. Dan berikut adalah penyebab sakit dan nyeri tersebut.

PMS (Pre-Menstrual Syndrome)

PMS atau pre-menstrual syndrome merupakan sindrom yang terjadi ketika seorang wanita akan mengalami menstruasi. Tidak jarang, saat akan datang bulan, seorang wanita merasakan rasa nyeri dan sakit di payudara. Bukan hanya payudara yang sakit, saat PMS wanita juga sering kali mengalami emosi yang berlebihan, mudah sekali lapar, perasaannya sangat sensitif dan merasa pegal-pegal di seluruh badan.

Menurut Zhirazian, MD seorang asisten profesor kebidanan, ginekologi dan ilmu reproduksi di Mount Sinai School of Medicine, New York, ketika seorang wanita PMS, hormon estrogen yang ada di dalam tubuh akan mudah berubah sehingga tidak jarang memicu rasa sakit di payudara. Dan perubahan hormon estrogen ini sendiri biasanya akan menyebabkan payudara lebih mudah sakit ataupun nyeri. So, ketika Anda merasa nyeri payudara menjelang menstruasi, hal ini baik-baik saja dan masih merupakan suatu yang positif.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Bra Terlalu Ketat

Jika Anda menggunakan bra terlalu ketat, hal ini dipercaya juga bisa membuat payudara menjadi sakit, nyeri atau bahkan terluka. Bra yang terlalu ketat tidak memberikan ruang yang cukup untuk payudara. Dan ketika payudara tidak memiliki ruang yang cukup untuk bernapas, hal inilah yang akan memicu berbagai masalah kesehatannya.

So, ketika Anda ingin memiliki payudara yang sehat, jauh dari masalah nyeri ataupun sakit lainnya, usahakan untuk mengenakan bra yang nyaman, tidak terlalu ketat namun tetap mampu menopang dengan baik payudara Anda.

Olahraga Berlebihan

Zhirazian, MD juga mengungkapkan bahwa olahraga yang berlebihan juga sangat memicu rasa nyeri dan sakit pada tubuh khususnya payudara. Olahraga seperti sit up, push up atau angkat beban adalah beberapa olahraga yang sangat memicu timbulnya rasa sakit di payudara seorang wanita.

Tak hanya olahraga yang berlebihan, tidak mengenakan bra atau mengenakan bra yang salah selama olahraga juga menjadi penyebab utama munculnya rasa sakit di payudara. Beberapa study menyebutkan bahwa rasa sakit pada payudara biasa disebabkan karena reaksi berlebih otot yang ada di bawah jaringan payudara saat olahraga.

Konsumsi Kafein Berlebih

Jika Anda adalah seseorang yang sangat suka minum kopi atau teh, pastikan untuk mulai mengurangi konsumsi kopi dan teh saat ini juga. Study menyebutkan bahwa kandungan kafein pada kopi maupun teh bisa memicu rasa sakit di payudara. Tak hanya menyebabkan rasa sakit di payudara, kafein juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh lainnya baik secara fisik maupun psikis.

Ladies, itulah beberapa penyebab rasa sakit di payudara. Selain penyebab di atas, penyebab lain payudara sakit adalah adanya efek samping obat, kemungkinan kista pada tubuh ataupun kemungkinan jaringan tumor serta kanker pada tubuh. Jika Anda mengalami sakit pada payudara secara terus-menerus, jangan segan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan ketahui masalah kesehatan payudara Anda yang sebenarnya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. (Najla najwa)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH