Pajak Seret Leonel Messi Dijatuhi Hukuman 21 Bulan Penjara ‎ ‎

93
WARTAKEPRI.co.id – Bintang sepak bola Lionel Messi dijatuhi hukuman 21 bulan penjara dan denda sebesar 2 juta euro (US$ 2,22 juta) setelah pengadilan memutuskan dirinya bersalah dalam tiga kasus penggelapan pajak.

Pengadilan Barcelona juga menjatuhi hukuman yang sama terhadap ayah Messi, Jorge, dengan denda sebesar 1,5 juta euro setelah terbukti bersalah dalam tiga kasus penggelapan pajak tersebut. Demikian sebagaimana dikutip Reuters di Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Kendati demikian, Messi dan ayahnya memiliki waktu lima hari untuk bisa mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Spanyol.

Di bawah hukum Spanyol, masa percobaan bisa diberlakukan apabila dikenai hukuman penjara kurang dari dua tahun. Dengan demikian, baik Messi maupun sang ayah kemungkinan besar tidak akan sampai mendekam dalam penjara.

Messi, bersama sang ayah, yang selama ini menangani urusan keuangannya, didakwa tidak membayar pajak dari tahun 2007 hingga 2009 dan karenanya dianggap telah merugikan negara sebesar 4 juta euro (US$ 4,5 juta).

Pihak berwenang menuduh mereka menggunakan perlindungan pajak di Belize dan Uruguay untuk menyembunyikan penghasilan mereka dari penjualan hak citra diri Messi.

Bukti yang dibawa ke persidangan antara lain kontrak Messi dengan Banco Sabadell, Danone, Adidas, Pepsi-Cola, Procter and Gamble, dan Kuwait Food Company. (reuters)
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel