Anggota Komisi 1 DPRD Batam Ini Sebut BUMD PT Pembangunan Batam Bubar – WartaKepri
126 views

Anggota Komisi 1 DPRD Batam Ini Sebut BUMD PT Pembangunan Batam Bubar

nono-hadisiswanto

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam, Nono Hadisiswanto dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) angkat bicara soal keberadaan PT Pembangunan Batam, milik Pemerintah Kota Batam.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota Batam ini, sudah berjalan selama 14 tahun sejak 3 Desembet 2002. Saat dimintai keteranganya terkait keberadaan dan manfaat PT Pembangunan Batam untuk masyarakat Kota Batam, dengan tegas Nono mengatakan tidak ada keuntungan dan malah sudah bubar.

” PT Pembangunan Batam milik BUMD Kota Batam sudah dibubarkan, karena terus merugi,” kata Nono pada Wartakepri diruangannya beberapa hari yang lalu.

Namun ketika diminta keterangannya lebih jauh lagi, Nono pun melemparkan alasan dan mengatakan tanya saja pada humas Pemko Batam atau direkturnya.

Keterangan Nono tersebut tidak bisa dipungkiri, karena selama 14 tahun PT Pembangunan Batam berjalan dan beroperasi, pengembalian profit dari keuntungan tidak maxsimal. Sementara Pemko Batam memberikan kuncuran dana awal sebesar Rp 2 miliar.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Juntak, Pemerhati Sosial di Batam mengatakan, sejak berdiri dan disahkannya PT Pembangunan Batam, Hari Basuki tetap sebagai Direktur.

” Disamping minimnya profit share yang dikembalikan pada kas negara khususnya pada Pemerintah Kota Batam, membuat masyarakat bertanya tanya, untuk apa dipertahankan jika merugi terus dan lebih baik di bubarkan saja,” kata Juntak, Jumat (28/10/2016) di Batam Center.

Lanjut Juntak, seharusnya pencopotan Hari Basuki, Dirut PT Pembangunan Batam seharusnya segera dilakukan dan audit BPK harus dilasanakan.

Sementara, dalam peraturan daerah (Perda) Kota Batam nomor 1 tahun 2002, pasal 26 (2) menjelaskan BUMD yang terus menerus merugi selama 3 (tiga) tahun harus melakukan restrukturisasi, penggabungan atau dibubarkan.

Melihat persoalan atas keberadaan PT Pembangunan Batam ini yang arahnya sudah tidak jelas dari tujuan awal yaitu BUMD harus mampu mengendalikan harga segala kebutuhan pokok sembako masyarakat, namun kenyataan berbanding terbalik.

Sementara itu, posisi Direktur Utama PT Pembangunan Batam dijabat oleh Hari Basuki. Jabatan itu berdasarkan keputusan nomor : KPTS. 352/HK/XII/2002 yang ditandatangani oleh Nyat Kadir Walikota saat itu, dengan komisaris utama Drs. R. Mambang Mit dan Drs. Buralimar.(nikson simanjuntak ) . Foto posmetro. co

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA