Dharma Pertiwi Koorcab Kepri Daerah A Gelar Ceramah Kesehatan Tentang Deteksi Dini Bahaya Kanker Serviks

19
Dharma Pertiwi Koorcab Kepri

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-53 Dharma Pertiwi tahun 2017, Dharma Pertiwi Koorcab Kepri Daerah A menggelar acara ceramah kesehatan yang dilaksanakan di aula Yos Sudarso Mako Lantamal IV jalan Yos Sudarso Tanjungpinang, Senin (13/03/2017).

Selain menghadirkan penceramah dari Dinas Kesehatan Lantamal IV, sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut hadir pula dr. Defri, Sp. OG yang merupakan dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Umum Propinsi (RSUP) Kepri.

dr. Defri, Sp. OG dalam ceramahnya mengatakan gejala yang sering timbul dalam kasus kanker serviks diantaranya terjadi pendarahan pada vagina yang tidak teratur, pada wanita usia lanjut muncul menopause lagi tanpa sebab dan rasa sakit pada perut bagian atas dan persendian panggul saat masa mentruasi.

“Salah satu penyebab utama peningkatan resiko kanker adalah melakukan hubungan seksual dan penggunaan alat kontrasepsi pada wanita dibawah usia 20 tahun, pola makanan, faktor genetik atau keturunan dan faktor kebersihan,” tutur Defri.

“Meskipun demikian kaum wanita tidak boleh takut karena yang terpenting adalah mengetahui gejala kanker servik sedini mungkin. Tingkat keganasan kanker serviks tergolong tinggi, dimana 70% pasien kanker serviks saat di diagnosa pada umumnya sudah berada pada kondisi stadium lanjut,” imbuhnya.

Diakhir ceramahnya, dr. Defri mengatakan pencegahan terbaik untuk mengurangi resiko kanker serviks bagi kaum wanita dapat dilakukan dengan melaksanakan papsmear secara berkala 2 tahun sekali, menjaga pola makan yang sehat dan olahraga teratur serta mengurangi stress.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Kegiatan ceramah kesehatan dihadiri oleh Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Kepri Daerah A Ny. Fachri, Wakil Ketua Dharma Pertiwi Koorcab Kepri Daerah A yang juga menjabat sebagai Ketua Korcab IV DJAB Ny. Nelly Irawan, Ketua PIA Ardhya Garini Lanud RHF Tanjungpinang, anggota Persit KCK Rem 033/WP, anggota Jalasenastri Korcab IV DJAB dan anggota PIA Ardhya Garini Lanud RHF Tanjungpinang. (Dispen Lantamal IV).

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI